Menciptakan Kawasan Bersih di Pesisir, Pemko Tj Pinang Sediakan Jaring dan Perahu bawa Sampah - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Menciptakan Kawasan Bersih di Pesisir, Pemko Tj Pinang Sediakan Jaring dan Perahu bawa Sampah

Menciptakan Kawasan Bersih di Pesisir, Pemko Tj Pinang Sediakan Jaring dan Perahu bawa Sampah
Suasana Kegiatan Petugas DLH Memasang Jaring Penahan Sampah (foto by ist/infokepri)

TANJUNG PINANG, Infokepri.com - Demi menciptakan kawasan pesisir Tanjung inang yang bersih dan sehat menjadi salah satu atensi Pemerintah Kota Tanjung Pinang tahun 2024.

Tidak hanya menggerakkan pembersihan sampah pesisir melalui kolaborasi seluruh jajaran OPD, dan meningkatkan partisipasi masyarakat.

Terkait hal itu, Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Tanjung Pinang, Hasan, S.Sos menyiapkan anggaran pemasangan jaring penahan sampah di kawasan pesisir.

"Tahap pertama, jaring penahan sampah akan kita pasang mulai dari Pelantar 1. Selanjutnya akan kita teruskan ke Pelantar 2, Pelantar KUD, Pelantar Sulawesi, Agogo, Pelantar 3, dan areal kawasan pesisir di sekitarnya," katanya, usai kegiatan pembersihan sampah kawasan pesisir Penyengat, (9/5).

Pemasangan jaring penahan sampah tersebut, lanjutnya ditujukan untuk membantu menahan sampah yang terbawa arus pasang hingga ke pesisir.

Selain itu, jaring penahan sampah juga ditujukan untuk memudahkan proses pengangkutan sampah oleh perahu khusus.

"Pemerintah kota, juga menyediakan empat perahu khusus pengangkut sampah yang beroperasi setiap hari, dan didukung oleh delapan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH)," terangnya.

Selain itu, lanjutnya lagi untuk mendukung dan membangkitkan partisipasi masyarakat, pemerintah kota juga menyiapkan sepuluh personil yang khusus bertugas membantu pembersihan sampah di kawasan pesisir.

Terkait, adanya permintaan masyarakat agar pemerintah kota menyediakan bak atau kontainer sampah permanen, di sekitar kawasan pesisir, yang berfungsi sebagai tempat pembuangan sementara.

Hal itu terkendala oleh ketersediaan lahan. Untuk menindaklanjutinya, pemerintah kota akan menyusun langkah-langkah strategis yang diperlukan.  

Sampah yang berhasil kita angkut dari kawasan Pelantar 1, Rabu (8/5) lalu, sebanyak 2,5 ton atau 2 lori sampah. Dari kawasan lain, seperti Tanjung Unggat, dan daerah pesisir lainnya rata-rata sebanyak 1 sampai 1,5 ton," tetangnya.

"Jika kita lakukan setiap hari, ditambah dengan membaiknya perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat, saya yakin kawasan pesisir kita akan lebih bersih," ungkap Pj Wako Tanjung Pinang (*)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel