Setelah Selesai Didata, Pemkab Karimun Akan Salurkan Bantuan kepada Korban Angin Puting Beliung - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Setelah Selesai Didata, Pemkab Karimun Akan Salurkan Bantuan kepada Korban Angin Puting Beliung

Setelah Selesai Didata, Pemkab Karimun Akan Salurkan Bantuan kepada Korban Angin Puting Beliung
Rumah warga yang diterjang angin puting beliung di Batu Lipai Kelurahan Baran Timur, Karimun, Sabtu (19/5/2024) (James/Infokepri.com)

By James
KARIMUN, Infokepri.com
– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun akan segera menyalurkan bantuan uang tunai kepada warga yang terdampak angin puting beliung jika seluruh korban sudah selesai didata.

“ Bencana angin puting beliung yang disertai dengan hujan deras itu terjadi pada Selasa (14/5/2024) kemarin. Akibat bencana tersebut, ratusan rumah warga rusak khususnya di Batu Lipai, Kelurahan Baran Timur,” kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq kepada wartawan, Sabtu (19/5/2024).

Dikatakannya setelah selesai dihitung kerugiannya pihaknya baru dapat mengkategorikan ringan, sedang atau rusak berat. Setelah itu Pemkab Karimun baru dapat menyalurkan bantuan kepada para korban.

Terpisah, Kepala BPBD dan Damkar Karimun Suwedi mengatakan awalnya pihaknya mendata sebanyak 103 kepala keluarga (KK) yang terdampak angin puting beliung, tetapi pendataan yang  terakhir ini sudah 170 KK. 

“ Data warga yang terdampak mungkin saja akan bertambah,” katanya.

Dikatakannya, 170 KK warga yang terdampak angin puting beliung tersebut tersebar di dua kecamatan yakni Kecamatan Meral dan Kecamatan Karimun, tepatnya di tiga kelurahan yakni, Kelurahan Baran Timur, Kelurahan Baran Barat dan Kelurahan Sungai Lakam Barat.

“ Dari 170 KK warga yang terdampak itu jumlah jiwanya sebanyak 658 jiwa. Warga yang paling banyak terdampak di Kelurahan Baran Timur Kecamatan Meral,” kata Suwedi, Sabtu (18/5/2024).

Lebih lanjut dikatakannya, dari 170 KK warga yang terdampak angin puting beliung itu, pihaknya baru menyelesaikan pendataan kerugian sekitar 80 KK, dan proses itu masih terus berlanjut.

" Hingga saat ini kami masih terus melakukan pendataan, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini pendataan dapat segera diselesaikan," katanya.

Terkait bantuan yang diberikan Pemkab Karimun, Gubernur Kepri, Walikota Batam serta hasil penggalangan dana dari masyarakat, Suwedi mengatakan pihaknya telah menyalurkannya kepada para korban yang terdampak angin puting beliung. (Jam)

Editor : Ismanto

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel