Bupati Natuna Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati Natuna Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Bupati Natuna Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Bupati Natuna, Wan Siswandi saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Sabtu (01/06/2024) (Ist /Bernard)

By Bernard.S
NATUNA, Infokepri.com
- Sebagai generasi penerus bangsa dalam memperkuat persatuan dan kesatuan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna menggelar upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Sabtu (01/06/2024) pagi.

Pada upacara yang berlangsung hikmat, tampak Bupati Natuna bersama seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat Kurung Khas Melayu.

Bupati Natuna, Wan Siswandi selaku Inspektur Upacara membacakan Pidato Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di manapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tutur Wan Siswandi.

Melalui pidato Wan Siswandi menyampaikan peringatan hari lahir Pancasila ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk menjadi lebih baik dalam menjaga kesatuan, kerukunan dan kebersamaan dengan konsisten mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkas Wan siswandi

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Adapun logo peringatan hari lahir Pancasila berupa Sandaya Taru yang berarti Pohon Persatuan. Logo ini mencerminkan persatuan, gotong royong, dan kesetaraan. Sandaya Taru atau Pohon Persatuan tercipta dari nilai Pancasila ketiga “Persatuan Indonesia” dengan simbol Pohon Beringin mencerminkan sebuah persatuan, sikap gotong royong, dan kesetaraan.

Dalam upacara juga dibacakan Pancasila oleh Inspektur Upacara diikuti oleh Peserta Upacara.

Dengan digelarnya upacara peringatan hari lahir Pancasila ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, serta mengingat pentingnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Natuna. (Nard/R).

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel