DPRD Natuna Gelar Rapat Paripurna dengan Tiga Agenda Sekaligus - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

DPRD Natuna Gelar Rapat Paripurna dengan Tiga Agenda Sekaligus

DPRD Natuna Gelar Rapat Paripurna dengan Tiga Agenda Sekaligus
Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar, menyerahkan rekomendasi DPRD k pada Bupati Natuna Wan Siswandi. (Fhoto : Bernard S/Infokepri.com).

By Bernard.S

NATUNA, Infokepri.com
- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna, menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Rekomendasi DPRD Natuna tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Natuna Tahun 2023, Pidato Pengantar Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023, dan Pidato Pengantar Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Natuna Tahun Anggaran 2023.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar, didampingi Wakil Ketua II DPRD Natuna Jarmin Sidik pada Selasa (04/06/2024) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Natuna, Jalan Yos Sudarso, Batu Hitam – Ranai.

Rapat paripurna ini dihadiri secara langsung oleh  Bupati Natuna Wan Siswandi, Sekda Natuna Boy Wijanarko, segenap anggota DPRD Natuna, Forkopimda Natuna, OPD Natuna,  Tokoh agama, Tokoh adat, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda, dan undangan lainnya.

Bupati Natuna, Wan Siswandi menerima rekomendasi DPRD Kabupaten Natuna tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Natuna Tahun Anggaran 2023. Pembacaan rekomendasi DPRD ini dibacakan langsung oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Natuna, Edi Prioto.

Agenda kedua rapat paripurna ini adalah pembacaan pidato pengantar rancangan peraturan daerah tentang pelaksanaan anggaran dan belanja daerah Tahun Anggaran 2023.

Bupati Wan Siswandi menyampaikan pidato terhadap laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Natuna yang telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Kepulauan Riau mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). 

Ini merupakan predikat tertinggi dalam penilaian laporan keuangan, dan ini merupakan kali ke sembilan secara keseluruhan atau kali ketujuh secara berturut-turut diraih Pemerintah Kabupaten Natuna.

“Esensi dari pengelolaan keuangan daerah selalu berpedoman kepada kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui penataan pengelolaan keuangan daerah yang efisien, efektif dan akuntabel,” terang Bupati.

Masuk pada agenda ketiga, kembali Bupati menyampaikan pidato pengantar Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2025-2045.

Bupati juga menjelaskan bahwasannya maksud penyusunan RPJPD Kabupaten Natuna Tahun 2025-2045 adalah menghadirkan arahan dan acuan bagi stakeholder dan pemerintah daerah dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan pembangunan daerah sesuai dengan visi, misi dan arah pembangunan yang disepakati bersama.

Adapun visi Kabupaten Natuna Tahun 2025-2045 yakni Natuna Biru ‘Kabupaten Maritim Yang Maju Dan Berkeadilan (Berdaya Saing Sejahtera, Mandiri Dan Berkelanjutan)’ yang dijabarkan dalam beberapa misi diantaranya:

  1. Mewujudkan transformasi sosial menuju masyarakat unggul dan sejahtera
  2. Mewujudkan transformasi ekonomi berbasis maritim yang inklusif dan berkualitas
  3. Mewujudkan transformasi tata kelola pemerintahan berlandaskan kesinambungan pembangunan yang adaptif
  4. Mewujudkan ketahanan sosial budaya dan ekologi dengan menjunjung nilai-nilai budaya Melayu.
  5. Mewujudkan pembangunan kewilayahan berbasis sarana prasarana yang merata, berkeadilan dan ramah lingkungan. (Nard).

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel