Hari Raya Idul Adha 1445 H, Kepala Dispangtan Karimun: Kebutuhan Hewan Qurban Total 1.209 Ekor - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Hari Raya Idul Adha 1445 H, Kepala Dispangtan Karimun: Kebutuhan Hewan Qurban Total 1.209 Ekor

Hari Raya Idul Adha 1445 H,  Kepala Dispangtan Karimun: Kebutuhan Hewan Qurban Total 1.209 Ekor
Hewan Qurban Jenis Sapi (foto by ist/infokepri)

KARIMUN, Infokepri.com - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Karimun memastikan kebutuhan hewan kurban seperti sapi dan kambing pastikan akan cukup untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Kepala Dispangtan Karimun, Sukrianto Jaya Putra mengatakan kebutuhan  hewan kurban di Kabupaten Karimun pada Hari Raya Idul Adha 1445 H meningkat jika dibandingkan kebutuhan tahun lalu, peningkatannya sekitar 10-15 persen.

"Tahun 2024 ini, kebutuhan sapi kurban mencapai 589 ekor dan baru tersedia 511 ekor. Sedangkan, kebutuhan kambing kurban mencapai 620 ekor dan baru tersedia 495 ekor," katanya.

“Kami memperkirakan kebutuhan hewan kurban. Untuk sapi masih kurang sekitar 78 ekor dan kambing masih kurang sekitar 125 ekor,” katanya,(5/6).

Meski saat ini masih kurang, pihaknya memastikan ketersediaan hewan kurban akan mencukupi. Kekurangan hewan kurban tersebut akan dipasok dari luar daerah. Namun tetap memprioritaskan peternak-peternak lokal terlebih dahulu.

"Kita prioritaskan dahulu peternak lokal, untuk itu sekarang masih didata petugas. Jika masih kurang maka baru kita pasok dari luar daerah," terangnya.

Lanjutnya, juga memastikan hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 H, telah melalui pemeriksaan ketat oleh dokter hewan dan layak konsumsi.

"Seluruh hewan kurban sebelum diperjualbelikan, terlebih dulu diperiksa kesehatannya dan dipastikan apakah layak konsumsi atau tidak. Kami terus berkoordinasi dengan peternak apabila ada kelainan atau penyakit pada hewan ternak mereka," tutupya. (Andre)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel