Mengatasnamakan Wabup Asahan di Medsos, Pelaku Menipu dengan Modus Baru - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Mengatasnamakan Wabup Asahan di Medsos, Pelaku Menipu dengan Modus Baru

Mengatasnamakan Wabup Asahan di Medsos, Pelaku Menipu dengan Modus Baru
Akun Palsu Wabup Asahan (foto by ist/infokepri)

ASAHAN, Infokepri.com - Beredarnya akun di Media sosial (Medsos) dengan mengatasnamakan Wakil Bupati (Wabup)Asahan, Taufik Zainal Abidin, melakukan komunikasi kepada beberapa orang, dengan maksud yang berbeda, hingga melakukan penipuan.

Terkait hal itu, salah satu orang yang berkomunikasi langsung dengan pelaku/Kepala Desa Pinanggripan Kecamatan Air Batu, Hernanto menyampaikan kepada Kepala Bidang Pemdes Dinas PMD dan Sekretaris Dinas Kominfo. 

"Pelaku awalnya berkomunikasi epada saya melalui salah satu media sosial dan mengatasnamakan dirinya adalah Wakil Bupati Asahan. Selanjutnya pelaku meminta nomor kontak saya terkait ada hal penting yang ingin dibicarakan," kata Kepala Desa Pinanggripan Kecamatan Air Batu.

Lanjutnya, setelah memberikan nomor kontak kepada pelaku. Dan mendapatkan informasi bahwa pelaku yang mengatasnamakan Wakil Bupati Asahan tersebut telah memberikan sejumlah bantuan untuk pembangunan Masjid dan Panti Asuhan yang berada di Desa Pinanggripan.

“Pelaku meminta saya untuk melakukan kroscek, apa benar dana bantuan tersebut telah digunakan untuk pembangunan masjid dan panti asuhan dimaksud, dan pelaku juga memberikan nomor kontak dari Panti Asuhan," katanya.

Menyikapi hal tersebut, lanjutnya menyampaikan kabar gembira itu, kepada pihak BKM Masjid, dan memberikan foto pembangunan Masjid disertai ucapan terima kasih dari pengurus Masjid kepada pelaku. 

Namun, setelah melakukan komunikasi ulang untuk menyampaikan hal tersebut, nomor pelaku mendadak tidak dapat dihubungi.

"Selanjutnya saya menghubungi nomor kontak dari Panti Asuhan yang diberikan pelaku, dan saya terkejut, karena menurut keterangan dari kontak tersebut, Panti Asuhan yang dimaksud berlokasi di wilayah Amplas, Medan,"  terangnya. 

Lanjutnya lagi, juga langsung melakukan kroscek terhadap rekening BKM Masjid serta keabsahan identitas pelaku  Dan, hasilnya akun atau nomor WhatsApp tersebut adalah akun palsu dan bukanlah milik Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, M.Si, dan tidak pernah ada dana yang masuk ke rekening BKM Masjid.

“Dari kejadian tersebut, saya telah menyampaikan kepada BKM Masjid, dan menginformasikan bahwasanya bukan Pak Wabup yang berkomunikasi melainkan pihak yang tidak bertanggung jawab," tutupnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan menyampaikan bahwa kejadian seperti ini pernah terjadi sebelumnya, namun pelaku yang mengatasnamakan Wakil Bupati Asahan tersebut melakukan komunikasi dengan tujuan meminta bantuan sumbangan atau pinjaman dana.

“Namun kali ini, pelaku melakukan dengan modus yang baru, dan kita tidak tahu apakah pelaku benar-benar ingin melakukan penipuan atau ada modus lainnya," kata Kadis Kominfo Syamsuddin di ruang kerjanya. Selasa, (04/06/2024)

Lanjutnya, menghimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap akun-akun palsu yang mengatasnamakan pejabat di Pemerintah Kabupaten Asahan dan diharap segera melapor kepada pihak terkait bila ada akun media sosial mengatasnamakan pejabat Pemerintah Kabupaten Asahan yang meminta bantuan sumbangan, pinjaman dana atau modus lainnya.

“Mari kita bijak dalam mencermati penggunaan media sosial, agar terhindar dari penipuan, pencemaran nama baik, maupun hal – hal negatif lainnya,"  pungkasnya. (Ti)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel