Tingkat Kelulusan SD Sederajat di Karimun 99 %, Data Disdikbud Karimun Dipertanyakan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Tingkat Kelulusan SD Sederajat di Karimun 99 %, Data Disdikbud Karimun Dipertanyakan

 

Tingkat Kelulusan SD Sederajat di Karimun 99 %, Data Disdikbud Karimun Dipertanyakan
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sugianto (Ist /Infokepri.com)

By James

KARIMUN, Infokepri.com – Tingkat kelulusan untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat, negeri maupun swasta di Kabupaten Karimun untuk Tahun Ajaran (TA) 2023/2024 mencapai 99 %.

Dari data yang diberikan oleh Linda selaku Kabid SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Karimun kepada sejumlah awak media, dari 13 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Karimun. 8 kecamatan diantaranya lulus 100 %, sisanya 5 kecamatan lagi tingkat kelulusannya mencapai 99 %.

Dari data tabel yang diberikan Disdikbud Kabupaten Karimun tersebut, jumlah total seluruh siswa berbeda jika dihitung di setiap kecamatan. Jumlah total dari tabel tersebut berjumlah 4.618 siswa, padahal jika dihitung total seluruh siswa berjumlah 4.630.

Berikut ini tabel yang diterima dari Disdikbud Kabupaten Karimun :

Sumber : Disdikbud Kabupaten Karimun

 

Dari tabel tersebut, ada 4 kecamatan yang salah hitung diantaranya :

Kecamatan Meral jumlah siswa laki-laki sebanyak 445 orang dan jumlah siswa perempuan sebanyak 406 orang. Totalnya, 851 siswa tetapi di tabel tersebut ditulis 881 siswa.

Kemudian Kecamatan Meral Barat, jumlah siswa laki-laki sebanyak 185 siswa dan jumlah siswa perempuan sebanyak 184 orang. Totalnya 369 orang, tetapi di tabel tersebut ditulis totalnya 349 orang,

Kecamatan Belat, jumlah siswa laki-laki sebanyak 59 orang, jumlah siswa perempuan 42 orang. Totalnya 101 orang, ditulis di tabel tersebut jumlahnya 91 orang.

Demikian halnya di Kecamatan Kundur Utara, jumlah siswa laki-laki sebanyak 83 orang, jumlah siswa perempuan sebanyak 89 orang. Totalnya sebanyak 172 orang, tetapi di tabel itu ditulis 162 orang.

Berdasarkan data tersebut ada 5 siswa yang tidak lulus ujian, 3 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Kelima siswa tersebut berasal dari Kecamatan Karimun 1 orang (perempuan), Kecamatan Meral 1 orang (laki-laki), Kecamatan Buru 1 orang (laki-laki), Kecamatan Moro 2 orang, 1 laki-laki dan 1 perempuan,  

Terkait kesalahan penjumlahan total jumlah siswa tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sugianto ketika dikonfirmasi mengatakan akan mengeceknya.

 Cuba nanti saye cek lagi Bang ya,” kata Sugianto melalui WhatsAppnya, Selasa (11/6/2024).

Hingga berita ini diupload belum diperoleh keterangan dari pihak Disdikbud Kabupaten Karimun terkait kesalahan penghitungan tabel tersebut.

Disdikbud Kabupaten Karimun diharapkan segera memberikan klarifikasi terkait data tersebut. (Man/Mes)

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel