TPS Pilkada 2024 akan Berkurang, Berikut Penjelasan Ketua KPU Karimun - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

TPS Pilkada 2024 akan Berkurang, Berikut Penjelasan Ketua KPU Karimun

TPS Pilkada 2024 akan Berkurang, Berikut Penjelasan Ketua KPU Karimun
Suasana Kegiatan Percontohon TPS Oleh KPU RI (foto by ist/infokepri)
KARIMUN, Infokepri.com - Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karimun tahun 2024 akan berkurang.

Ketua KPU Karimun, Mardanus mengatakan pengurangan jumlah TPS saat Pilkada tersebut lantaran terdapat beberapa faktor, seperti halnya peralihan aturan pemilih saat pandemi.

Jumlah TPS pada saat Pilkada Karimun akan jauh berbeda dengan jumlah TPS pada Pileg dan Pilpres lalu.

"Karena aturan saat masa pandemi jumlah pemilih per TPS itu maksimal 400 orang saja. Sedangkan sekarang status pandemi itu sudah dicabut, maka per TPS maksimal bisa 600 orang pemilih," jelasnya  Minggu, (02/06/2024)

Lanjutnya, jika 2 TPS saling berdekatan serta jumlah pemilihnya kurang dari 300 orang maka akan dilebur menjadi 1 TPS.

"Saat ini petugas PPK dan PPS sedang menghitung ulang terkait jumlah pemilih di 1 TPS dari maksimal 400 orang menjadi 600 orang," terangnya.

Lanjutnya lagi, belum dapat memastikan atau merincikan secara detail total jumlah TPS yang digunakan saat Pilkada Karimun 2024 mendatang.

Pengurangan TPS akan berlaku di Pulau Karimun, sedangkan untuk diluar pulau atau hinterland tidak ada. Hal ini lantaran faktor geografis atau jarak antar masing-masing TPS.

"Walaupun terdapat pengurangan TPS, pemilih dalam satu Kepala Keluarga (KK) tidak boleh terpisah atau beda TPS," tegasnya.

"Kita belum dapat memastikan total TPS yang akan digunakan nanti, hanya saja bisa berkurang hingga 50 persen. Karena saat ini jumlah TPS kita berjumlah 781 yang tersebar di 14 Kecamatan se Kabupaten Karimun," pungkasnya. (*)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel