BPS Provinsi Kepri Harapkan Pengelola Apartemen dan Hotel Ikut Menyukseskan Sensus Penduduk 2020 - Info Kepri

about

about

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

BPS Provinsi Kepri Harapkan Pengelola Apartemen dan Hotel Ikut Menyukseskan Sensus Penduduk 2020

Share it:


BATAM, Infokepri.com - Pengelola apartemen dan hotel di Kota Batam diajak untuk menyukseskan Sensus Penduduk 2020. Ajakan ini disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Riau dalam Focus Group Discussion di Hotel Planet Holiday, Senin (10/2/2020).

“Usai mengikuti FGD ini diharapkan pengelola bisa menyosialisasikan ke penghuni apartemen, khususnya Warga Negara Asing (WNA) yang sudah satu tahun tinggal di hotel dan apartemen di Kota Batam, tentang rencana sensus penduduk 2020,” kata Kepala Bagian Tata Usaha BPS Kepri, Bustami.

Ia menjelaskan, WNA yang long stay di Batam juga akan didata pada sensus ini. Datanya nanti akan menjadi administrasi kependudukan di negara asalnya dan di Indonesia.

Bustami mengatakan sensus penduduk merupakan program nasional. Karena itu seluruh elemen masyarakat wajib menyukseskan program cacah jiwa 10 tahunan tersebut.

“Sensus penduduk tahun ini dilakukan melalui dua tahap. Yakni sensus mandiri berbasis daring dengan mengakses sensus.bps.go.id pada 15 Februari-31 Maret. Kemudian bagi warga yang belum melakukan sensus mandiri, petugas akan datang dan melakukan wawancara. Wawancara dilakukan pada bulan Juli,” paparnya.
Selain mendata WNA yang lama menetap di Indonesia, sensus ini juga mencatat Warga Negara Indonesia yang ada di luar negeri. Karena secara bersamaan ada 54 negara yang melangsungkan sensus serupa.

“Warga Negara Indonesia di luar negeri juga akan didata oleh petugas di sana. Nanti mereka dimasukkan dalam data penduduk negara tersebut namun tetap berkebangsaan Indonesia,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata meminta pengelola hotel dan apartemen untuk mendukung suksesnya sensus penduduk ini. Karena pendataan ini merupakan tugas negara.

“Pengelola pastikan data tersebut berguna di negara mereka sehingga ada keterkaitan. Dan pastikan bahwa data ini dijaga kerahasiaannya,” pesan Ardi.

Disbudpar bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) akan menyusun jadwal untuk sosialisasi di hotel dan apartemen. Ardi mengatakan pihaknya akan mendampingi untuk proses sensus penduduk khususnya WNA yang sudah lebih dari setahun menetap di Batam.

 (MCB)
Share it:

Batam

Infokepri

kepri

Post A Comment: