Hasil Rapid Test, Bupati Labuhanbatu dan Keluarga Dalam Keadaan Sehat - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Hasil Rapid Test, Bupati Labuhanbatu dan Keluarga Dalam Keadaan Sehat


LABUHANBATU, Infokepri.com -  Dinas Kesehatan Labuhanbatu melakukan rapid test kepada bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi.ST.MT dan keluarga, di rumah dinas, di Jalan  W R Supratman, Kamis (2/4/2020). Hal ini di lakukan mengingat mobilitas bupati H. Andi Suhaimi ST, MT yang sangat tinggi, dari hasil test tersebut, Bupati dan keluarga dinyatakan dalam keadaan sehat.

Kadis Kesehatan Labuhanbatu H. Kamal Ilham, SKM, MM mengatakan, tes ini bertujuan agar mengetahui siapa saja yang berpotensi menyebarkan Corona Virus Disease (Covid-19) dan dapat dilakukan tindakan pencegahan serta meminimalisir jumlah kasus Covid-19.

"Rapid test biasa dilakukan pada orang-orang yang berpotensi menularkan virus corona, misalnya ODP (orang dalam pemantauan), baik itu traveler yang baru tiba ataupun orang yang pernah kontak fisik dengan PDP (pasien dalam pemantauan) ataupun orang yang terpapar positif  Covid -19," ujarnya.

Rapid test, sambung Kamal menjelaskan, merupakan metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan pandemi Covid-19. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

"Bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Namun, perlu dketahui, bahwa pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu," jelasnya.

Dapat disimpulkan bahwa rapid test hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau Covid-19.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Kominfo Rajid Yuliawan, S.Kom, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Atia Muchtar Hasibuan dan tim Dinas Kesehatan Labuhanbatu.(jws)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel