Pemkab Sergai Sampaikan Perkembangan Bencana Alam dan Penyaluran Bantuan Dalam Seminggu Ini, Salah Satunya Musibah Angin Puting Beliung - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pemkab Sergai Sampaikan Perkembangan Bencana Alam dan Penyaluran Bantuan Dalam Seminggu Ini, Salah Satunya Musibah Angin Puting Beliung


SERGAI, Infokepri.com - Sebagai agenda rutin Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam menyajikan informasi terbaru dan valid perihal perkembangan penanganan pandemi Virus Corona di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), hari ini Selasa, (19/05/2020) kembali diadakan sesi press statement di hadapan awak media, yang dilaksanakan di Posko Gugus Tugas di Rumah Dinas Bupati Sergai di Sei Rampah.

Dalam pernyataannya, Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman yang diwakili oleh Juru Bicara Gugus Tugas, Kepala Dinas Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, menyampaikan beberapa perkembangan penting yang terjadi dalam kurun waktu seminggu terakhir, salah satunya perihal bencana alam angin puting beliung yang terjadi di beberapa Kecamatan dan merusak ratusan rumah warga.

Bantuan Untuk Korban Bencana Angin Puting Beliung
“Jika dirinci, ratusan titik kerusakan yang diakibatkan bencana angin puting beliung tersebut yaitu terjadi di 8 desa di Kecamatan Perbaungan, sebanyak 6 desa di Kecamatan Pantai Cermin, kemudian ada 3 desa di Kecamatan Teluk Mengkudu dan masing-masing 1 Desa di Kecamatan Pegajahan dan Tebing Syahbandar. Total kerusakan yang terdata sebanyak 248 bangunan atau rumah, baik yang mengalami kerusakan ringan maupun kategori rusak berat,” jelas Akmal.

Akmal menerangkan, respons cepat dan tanggap oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Forkopimda yang dikomandoi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dilakukan sesaat atau pada kesempatan pertama setelah bencana terjadi, dengan mendistribusikan bantuan sembako dan material bangunan bagi para korban. Tentunya seraya memberikan semangat kepada masyarakat yang menjadi korban untuk tetap tabah dan sabar serta semoga bisa segera bangkit dari musibah.

Perihal penghimpunan sekaligus distribusi bantuan dari berbagai donatur ke kelompok masyarakat terdampak yang dilakukan oleh Posko, Akmal menekankan jika seluruhnya berjalan sesuai prosedur yang akuntabel, transparan dan tepat sasaran. Hal ini, katanya, dibuktikan dengan terdatanya secara lengkap pihak-pihak pemberi donasi dan masyarakat penerima bantuan secara administratif di Posko Gugus Tugas.

“Untuk bantuan yang berasal dari para Donatur baik dari dalam Kabupaten Sergai maupun luar Kabupaten seperti organisasi dan pengusaha, berdasarkan laporan terakhir per tanggal 15 Mei 2020 tercatat ada 67 perusahaan, lembaga, organisasi yang mengirimkan bantuan dan telah disalurkan kepada 186 kelompok masyarakat. Pada bulan April lalu, Posko Gugus Tugas juga menerima bantuan APD dari Gugus Tugas Covid-19 Sumut, dan telah disalurkan ke 20 Puskesmas dan 4 RS di Sergai,” katanya.

Shalat Idul Fitri Patuhi Protap Covid-19
Di kesempatan yang sama, Jubir Tim Gugus Tugas juga menginformasikan perihal kegiatan ibadah warga menyambut Idul Fitri 1441 H nanti.

 “ Terkait penyelenggaraan ibadah bersama Sholat Idul Fitri tahun ini dapat tetap dilaksanakan di masjid-masjid, namun tetap mengutamakan aspek kesehatan dengan memperhatikan protap pencegahan penularan Covid19. Hal ini agar menjadi perhatian bagi seluruh pengurus masjid yang menyelenggarakan Sholat Idul Fitri bersama nantinya. Sedangkan untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri resmi bersama pemerintah di lapangan berdasarkan Tausiah MUI untuk tahun ini tidak kita adaka,” jelasnya lagi.

Terhadap masyarakat yang terdampak, lanjut Akmal, Pemerintah Pusat dan Daerah juga telah menyiapkan serangkaian kebijakan bantuan dalam berbagai bentuk. Koordinasi yang terintegrasi antara 3 pilar Forkopimda dalam penyaluran bantuan didukung oleh seluruh unsur Forkopimcam (Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan) di 17 Kecamatan serta adanya keterlibatan Kepala Desa dan Kepala Dusun, katanya lagi.

Proses Penyaluran Bantuan Terus Berlangsung
“ Bantuan yang datang salah satunya dari Pemerintah Provsu  dalam bentuk sembako yang terdiri dari beras IR 64 sebanyak 10 kg, minyak goreng dalam kemasan 2 kg, gula pasir 1 kg, mie instan dan susu kental manis yang jika ditotalkan setara nilainya dengan Rp 225.000, akan didistribusikan kepada 51.084 Kepala Keluarga yang datanya sudah terverifikasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Sergai,” rinci Akmal.

Bantuan berupa sembako dari Pemprovsu ini mulai didistribusikan hari Senin (18/5/2020) oleh Induk Koperasi TNI Angkatan Darat (Inkopad) ke 8 kecamatan dan 9 kecamatan lainnya akan ditangani oleh Induk Koperasi Kepolisian (Inkoppol), sebutnya.

Ditambahkan Akmal, selanjutnya Gugus Tugas dalam waktu dekat juga akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari Dana Desa di 17 Kecamatan pada 237 Desa di Sergai. Hal ini akan difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sergai sesuai data yang sudah terverifikasi sebanyak 19.789 KK Penerima Dana BLT.

“BLT akan diprioritaskan kepada masyarakat yang mengalami penurunan atau bahkan kehilangan pemasukan. Masyarakat yang tergolong sebagai “miskin baru” ini mungkin belum menerima bantuan apa-apa dari pemerintah, entah itu penerima PKH, BST dan yang lainnya. Untuk jumlah BLT, per kepala keluarga (KK) akan menerima sejumlah Rp, 600.000, selama 3 bulan yaitu April, Mei dan Juni,” sebutnya.

Selain kedua bantuan di atas, jelasnya, Kemensos juga akan menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang datanya juga sudah diverifikasi dan divalidasi oleh Kemensos dgn jumlah penerima sebanyak 13.938 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) untuk penyaluran tahap 1.

Terakhir, Jubir Gugus Tugas menginformasikan perkembangan sebaran Covid-19 berdasarkan data per tanggal 18 Mei, pukul 19.00. Ia menguraikan, warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 17 orang, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 3 orang. Selanjutnya Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 9 orang dan Positif Covid19 sebanyak 1 orang yang dinyatakan sudah meninggal dunia beberapa waktu yang lalu.

“Mengakhiri press statement ini, mewakili Tim Gugus Tugas, saya mengucapkan Selamat Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441H. Mohon Maaf Lahir dan Batin, mari kita doakan supaya wabah ini segera berakhir di Kabupaten Sergai dan di Indonesia secara umumnya, serta kita menyongsong kemenangan di hari yang fitri,” pungkasnya.

Kegiatan Press Statement ini kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dengan wartawan. Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Sergai dr Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE dan Wakil Ketua Siswanto, Kadis Sosial H.Ifdal, S.Sos,M.AP, Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, dan Kadis PMD, Ikhsan, AP, MAP. (Bon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel