Bupati Lingga Sampaikan Usulan Peningkatan DAK ke Bappenas RI - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati Lingga Sampaikan Usulan Peningkatan DAK ke Bappenas RI

Bupati Lingga Sampaikan Usulan Peningkatan DAK ke Bappenas RI
Bupati Lingga, Muhammad Nizar (Kiri) Bersama Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kemetnerian PPN/ Bappenas Ir.Josaphat Rizal Primana, M. Sc di Jakarta, Selasa (11/01/2022) (Fhoto : Ist)

LINGGA, Infokepri.com - Bupati Lingga, Muhammad Nizar melakukan kunjungan ke Kementerian PPN/ Bappenas RI, di Jakarta, Selasa (11/01/2022). Adapun tujuan kunjungan tersebut yakni untuk menyampaikan beberapa usulan yang memang menjadi kepentingan dari daerah.

Nizar mengatakan beberapa usulan yang disampaikan ke Bappenas RI, melalui Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kemetnerian PPN/ Bappenas Ir.Josaphat Rizal Primana, M. Sc, salah satunya terkait peningkatan dan pembangunan pelabuhan.

Menurutnya dengan baiknya sarana prasarana pelabuhan serta kuantitas darai pelabuhan di Kabupaten Lingga, tentunya secara tidak langsung akan menumbuhkan peningkatan ekonomi masyarakat.

Baik itu, pelabuhan domestik maupun pelabuhan Roro akan dampak pada peningkatan disektor pariwisata. Apalagi Kabupaten Lingga terbilang cukup lengkap pada pontensi wisatanya, salah satu kebanggaan adalah wisata religi dan budaya Melayu.

"Untuk tujuan konektifitas wilayah guna peningkatan ekonomi masyarakat. Dan tentunya sebagai konektivitas pendukung dalam peningkatan pariwisata daerah," kata dia.

Selain itu, usulan yang disampaikan juga terkait pengembangan bandara, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dan tindak lanjut dari program MCC yang pernah diusulkan ke Bappenas RI, beberapa waktu lalu.

Kemudian, usulan dan upaya peningkatan alokasi DAK untuk Kabupaten Lingga pada APBN-P ataupun APBN 2023.

"Tahun 2022 ini, ada penurunan alokasi DAK untuk Kabupaten Lingga terjadi di bidang PU, bidang Kesehatan, dan bidang Pendidikan," jelas dia.

Sementara, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/ Bappenas Ir.Josaphat Rizal Primana, M. Sc, pada kesempatan itu mengatakan untuk prioritas DAK tahun ini, memang fokus di kawasan Indonesia Timur, sesuai dengan arahan dan kebijakan Presiden RI.

Namun demikian, menurutnya masih ada celah agar hal tersebut dapat didorong. Salah satunya, isu daerah kepulauan, juga dapat menjadi salah satu dasar penguatan perhatian pemerintah pusat.

Baik itu, pada sektor pariwisata yang keliatannya agak menonjol, tentunya usulan Infrastruktur dapat dirancang dengan tujuannya mendukung pengembangan wisata daerah.

"Mudah-mudah kedepannya, jika ada celah dapat kita dorong. Infrastruktur memang perlu mendapat perhatian pusat karena keterbatasan anggaran di daerah," jelas dia.(hms/ Syaf)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel