Plt Bupati Bintan Targetkan Kabupaten Bintan Menjadi Centra Tanaman Sorgum di Indonesia - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Plt Bupati Bintan Targetkan Kabupaten Bintan Menjadi Centra Tanaman Sorgum di Indonesia

 

Plt Bupati Bintan Targetkan Kabupaten Bintan Menjadi Centra Tanaman Sorgum di Indonesia
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan Saat Melakukan Panen Raya Kebun Sorgum  di Jalan. Lintas lama Km.24, Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Minggu (16/1/2022) (Fhoto : Ist)


BINTAN, Infokepri.com
- Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menghadiri panen raya Kebun Sorgum di Jalan. Lintas lama Km.24, Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Minggu (16/1) pagi.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan pihaknya menargetkan Kabupaten Bintan dapat menjadi sentra atau surga bagi tanaman sorgum di Indonesia.

“Saat ini pemerintah daerah sedang mengembangkan pembenihan bibit tanaman sorgum seluas 20 hektar yang nantinya bisa kita gunakan untuk tanaman sorgum di lahan seluas 100 hektar di Kabupaten Bintan,” ujarnya.

Ia menjelaskan pengembangan pertanian sorgum ini sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam menjadikan Bintan sebagai daerah sentra sorgum, sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani di daerah. Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan. Sorgum berada pada urutan ke 5 setelah gandum, jagung, padi dan jelai.

“Tanaman sorgum ini sangat menguntungkan petani, karena tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan tetapi juga batangnya juga bisa diolah menjadi berbagai produk kue kering, kue basah, minuman, dan produk lainnya yang kaya manfaat,” tegasnya.

Dalam panen raya tersebut, Roby mengapresiasi petani sorgum, dengan lahan seluas 1 hektar ditargetkan akan panen minimal sebanyak 3 ton sorgum dan hasil produk olahan sorgum rencananya akan segera diekspor ke negara tetangga Malaysia dan Singapura. (Red)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel