Bupati Natuna Gelar Rapat dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati Natuna Gelar Rapat dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat

Bupati Natuna Gelar Rapat dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat
Bupati Natuna, Wan Siswandi, saling bertukar cinderamata dengan Sekretaris Kedua Kedutaan Besar AS Jakarta, Mrs Abbey Jostrad Cannata di Ruang Rapat Kantornya, Selasa (10/05/2022) (Fhoto : Ist).

NATUNA, Infokepri.com - Bupati Natuna, Wan Siswandi, S.Sos, M.Si, menggelar rapat dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Ruang Rapat Kantornya, pada Selasa (10/05/2022).

Rapat ini dipimpin oleh Bupati Wan Siswandi dan dihadiri oleh Wakil Bupati Natuna Rodial Huda, Sekda Natuna Boy Wijanarko Varianto, para asisten, dan seluruh Kepala OPD Kabupaten Natuna.

Sedangkan dari Duta Besar Amerika Serikat terdiri dari Sekretaris Kedua Kedutaan Besar AS Jakarta, Mrs. Abbey Jostrad Cannata.,  Sekretaris Kedua Kedutaan Besar AS Jakarta, Mr. Nicholas Austin dan Asisten Ekonomi, Konsulat AS Medan, Mr. Han Sukanto.

Bupati Siswandi memaparkan secara umum pembangunan di Natuna terfokus pada 5 bidang yang dikenal dengan lima pilar. Kelima pilar itu terdiri dari bidang pertahanan, bidang minyak dan gas, kelautan dan perikanan, pariwsata serta lingkungan hidup.

"Dari kelima bidang ini Pemerintah RI hingga saat ini lebih fokus pada sektor pertahanan dan industri Migas. Sedangkan kami di daerah lebih fokus pada sektor perikanan dan pariwisata," paparnya.

Menurut Bupati Siswandi, pada sektor-sektor di atas terdapat peluang investasi yang berkelanjutan. Di bidang perikanan terdapat program WP 711 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah RI. Program ini dapat dikembangkan dalam bentuk usaha penangkapan ikan, industri pengolahan ikan serta investasi pada infrastruktur perikanan dan lain sebagainya.

Sedangkan di sektor pariwisata, Natuna memiliki banyak potensi yang meliputi pulau-pulau kecil, pantai, pegunungan dan wisata bawah laut yang mencakup wisata terumbu karang dan Barang Muatan Kapal Tenggelam.

Selain itu, Natuna juga setiap tahun disinggahi oleh puluhan kapal yacht yang dikemas dalam bentuk sail (pelayaran) internasional. Hanya saja sampai saat ini Natuna belum memiliki marina bay (pelabuhan marina).

"Jadi anda bisa berinvestasi di semua sektor ini. Bahkan di sektor sumberdaya energi kelistrikan juga Natuna membuka peluang selebar-lebarnya untuk investasi," ungkapnya.

Mengenai komitmen pemerintah daerah di sektor investasi, Bupati Siswandi mengaku pihaknya memiliki komitmen tinggi pada investasi yang mana Pemerintah Daerah akan siap mendukung dari sisi administrasi, regulasi dan bahkan lokasi.

"Maka kami minta agar Amerika dapat membawa kompeni sebanyak-banyaknya ke Natuna untuk berinvestasi. Kami siap memfasilitasi seluruh kegiatan investasi anda di sini," tutupnya.

Sekretaris Kedua Kedutaan Besar AS Jakarta, Mrs. Abbey Jostrad Cannata mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Natuna yang telah memberikan sambutan yang menurutnya luar biasa.

"Kunjungan kami kesini untuk belajar dan mendengar secara langsung dari Pak Bupati mengenai prioritas apa yang ingin dikembangkan," kata Abbey. 

Ia menegaskan, Amrika Serikat tertarik dan terfokus pada pengembangan perikanan, pelabuhan, jalan dan infstruktur lainnya sebagaimana yang telah dibahas pada kunjungan sebelumhya. 

"Sehingga kedatangan kami ini juga sebagai follow up atas kunjungan Duta Besar Amerika Serikat ke Natuna pada beberapa tahun lalu," ujarnya.

Dengan demikian ia meminta kepada pemerintah Kabupaten Natuna agar dapat memberikan gambaran rinci mengenai sektor yang ingin dikembangkan dalam bentuk kerjasama dan investasi.

"Kami juga membuka diri untuk koordinasi, konsultasi dan diskusi mengenai ide pengembangan yang berkelanjutan. Kami siap dihubungi secara langsung ataupun melalui telepon maupun email kapanpun dan di manapun," ujarnya.

Rapat ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata antara kedua belah pihak. (Nard/R).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel