Menag RI: 1 Syawal 1443 H, Jatuh Pada Hari Senin 2 Mei 2022 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Menag RI: 1 Syawal 1443 H, Jatuh Pada Hari Senin 2 Mei 2022

Menag RI: 1 Syawal 1443 H, Jatuh Pada Hari Senin 2 Mei 2022
Menag RI

NASIONAL, Infokepri.com - Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1443 H/2022 M jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022. Penetapan ini didasarkan pada keputusan sidang isbat. 

Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa setelah mendengar masukan dari Ormas keagaman, Sidang Isbat menyepakati 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022.

"Alhamdulillah, setelah satu bulan kita beribadah di bulan Ramadan, esok hari mari kita bersama menyambut hari kemenangan Idulfitri 1 Syawal 1443 H," katanya, di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta. Minggu, (01/05/2022) 

"Saya atas nama pribadi dan pemerintah menyampaikan Selamat Idulfitri 1443 Hijriyah. Taqabalallahu minna wa minkum taqabbal ya Kariim," terangnya, didampingi Wakil Menteri Agama, Ketua Komisi VIII DPR, Ketua MUI, dan Dirjen Kemenag Bimas Islam.

Sebelumnya, sidang menyepakati keputusan tersebut, karena dua hal. "Pertama, kita telah mendengar paparan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag yang menyampaikan bahwa ketinggian hilal di seluruh Indonesia berada pada posisi 4 derajat 0, 59 menit sampai dengan 5 derajat 33,57 menit," kata Menag RI.

Selain itu, dilihat pada parameter elongasi geosentrik berkisar antara 5,2 derajat sampai dengan 7,2 derajat. Sementara rentang elongasi toposentris berada pada kisaran 4,9 derajat sampai dengan 6,4 derajat. 

"Dengan parameter-parameter ini, maka posisi hilal di Indonesia saat ini telah memenuhi Kriteria Baru MABIMS (Menteri Agama Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura)," jelasnya.

Suasana Kegiatan
Kedua, lanjutnya Kemenag telah melaksanakan pemantauan atau rukyatul hilal pada 99 titik di Indonesia. Kementerian Agama telah mendengar laporan dari sejumlah perukyah hilal yang bekerja di bawah sumpah pengadilan agama Kabupaten/Kota setempat, mulai dari provinsi Aceh hingga Papua.

Berikut daftar nama perukyah yang menyatakan telah melihat hilal, yaitu:
 
Kiai Su'udul Azka, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Huda, Sumberwudi, Kab Lamongan, Jawa Timur
Imam Hambali, Penyelenggara Syariah Kankemenag Lamongan, Jawa Timur
Inwanuddin, Guru Agama, Kab Gresik, Jawa Timur
Syamsul Fuad, Guru Agama, Kab Gresik, Jawa Timur
Solehudin, Guru Agama, Kab Gresik, Jawa Timur
Jamaludin Malik, PNS Kanwil Kemenag NTB
Andi Pangerang Hasanudin, Peneliti Astronomi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Kab Jombang, Jawa Timur
Lutfi Fuadi, karyawan swasta, Kab Jombang, Jatim
Jamaat, Analis Kebijakan Ahli Muda, Kanwil Kemenag Kalimantan Barat, Sungai Raya, Kalimantan Barat.

"Berdasarkan laporan yang disampaikan, terdapat perukyah yang menyatakan melihat hilal di beberapa titik," pungkas Menag RI. (rdk)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel