BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim di Karimun Hingga Awal Februari - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim di Karimun Hingga Awal Februari

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim di Karimun Hingga Awal Februari
Kepala Stasiun BMKG RHA Tanjung Balai Karimun Ilham Syarief Putra (Fhoto : James /Infokepri.com)

By James

BATAM, Infokepri.com
– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Raja Haji Abdullah (RHA) Tanjung Balai Karimun memprediksi cuaca ekstrim di Kabupaten Karimun akan terjadi hingga awal bulan Februari.

“ Prakiraan cuaca di Kabupaten Karimun diprediksi berawan hingga hujan dengan intensitas ringan hingga lebat,” kata Kepala Stasiun BMKG RHA Tanjung Balai Karimun Ilham Syarief Putra saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Senin (30/1/2023)

Menurutnya kondisi tersebut dapat berpotensi angin kencang dengan kecepatan lebih dari 21 hingga 27 knot serta tinggi gelombang di atas 2,5 hingga 4 meter.

Ia menyebut ombak tinggi disertai dengan angin kencang dipengaruhi adanya pola siklonik di Kalimantan yang  berdampak terbentuknya belokan angin sehingga terjadi penumpukan massa udara serta kelembapan udara lapisan atas sehingga terdapat pertumbuhan awan-awan konektif penyebab hujan dan angin kencang.

Beliau menghimbau para nelayan dan pengguna jasa kelautan  agar lebih berhati-hati terhadap gelombang yang diperkirakan cukup signifikan yang saat ini kecepatan angin di atas rata-rata. Pihaknya memprediksi keadaan ekstrem tersebut akan terjadi hingga awal bulan Februari. (Mes)


Editor : P Sipayung
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel