Danramil 01 Ranai Pimpin Sosialisasi Komcad - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Danramil 01 Ranai Pimpin Sosialisasi Komcad

Danramil 01 Ranai Pimpin Sosialisasi Komcad
Sosialisasi Komcad yang dipimpin oleh Danramil/01 Ranai, Kodim 0318/Natuna,  Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E di Kantor Kecamatan Bunguran Selatan, Selasa (31/01/2024)  (Fhoto : Bernard Simatupang/Infokepri.com).

By Bernard Simatupang

NATUNA, Infokepri.com - Komandan Koramil (Danramil)/01 Ranai, Kodim 0318/Natuna,  Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, memimpin sosialisasi Komcad yang digelar Babinsa se-Kecamatan Bunguran Selatan, di Kantor Kecamatan Bunguran Selatan, pada Selasa (31/01/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Bunguran Selatan Supardi S.Pd.I, Kapolsek Bunguran Timur di wakili Panit Intel Polsek Bunguran Timur Bribka Dodi S.I.Kom, Kapuskesmas Bunguran Selatan dr Suharto, Kepala Desa Se-Kecamatan Bunguran Selatan, Ketua BPD Se-Kecamatan Bunguran Selatan, Babinsa se-Kecamatan Bunguran Selatan, Bhabinkamtibmas se-Kecamatan Bunguran Selatan, Para Kader, dan para undangan lainnya.

Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak menyampaikan, perekrutan komcad di setiap daerah untuk memperkuat dan memperbesar kemampuan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara dalam menjaga dan melindungi kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan penyerangan bangsa dari segala ancaman, tugas TNI sebagai komponen utama pertahanan negara saat ini dilaksanakan berdasarkan UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

Dikatakannya, untuk meningkatkan kekuatan pertahanan negara, pemerintah telah memperluas peran masyarakat dalam upaya pertahanan negara melalui rekrutmen pembentukan Komcad.

"Untuk itu perlu kita sadari, bahwa rekrutmen Komcad ini mempunyai target harus dapat meningkatkan marwah pemahaman generasi muda tentang nilai-nilai yang terkandung dalam bela negara, mulai dari rasa cinta tanah air, rela berkorban, kesadaran berbangsa dan keyakinan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara, nasionalisme dan patriotisme," ujarnya.

Tugas membela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri, tetapi merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia dalam menjaga keberlangsungan NKRI.

"Oleh karenanya, besar harapan kami bahwa dengan adanya sosialisasi Komcad ini dapat menjadi pemicu informasi bagi audiens yang hadir guna nantinya disebarluaskan kepada seluruh masyarakat di wilayah Koramil 01/Ranai Kodim 0318 Natuna, agar mereka bisa tahu untuk selanjutnya berbondong-bondong memberikan kontribusi positif kepada bangsa dan negara melalui jalur Komcad," ucapnya.

Untuk diketahui, lanjut R Simanjuntak, Komcad bukan pekerjaan tetapi adalah sebuah pilihan pengambilan sikap individu terhadap bentuk nyata perwujudan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.

Pada tahap selanjutnya pelaksanaan penggemblengan personil yang sudah terpilih akan dilaksanakan dan dipilih di 5 (lima) tempat bertaraf nasional dengan komposisi 3 (tiga) Matra Darat yang bertempat di Rindam I/Bukit Barisan, Rindam XIII/Merdeka dan Rindam XVIII/Kasuari, 1 Matra Laut dan 1 Matra Udara.

"Khusus untuk Rekrutmen Komcad dipilih dari orang-orang yang akan terpilih menjadi anggota Komcad yang berasal dari berbagai sumber yaitu ASN, swasta, civitas akademika, generasi muda dan pengasuhan komponen bangsa lainnya," terangnya.

Adapun pendaftaran Komcad dimulai tanggal 2 Januari hingga 14 April 2023, kemudian dilanjutkan seleksi beasiswa, seleksi kompetensi dan pantukhir, bagi yang memenuhi syarat selanjutnya akan mengikuti Latsarmil (Latihan dasar militer) serta latihan pembulatan dan upacara penetapan yang dilaksanakan selama 3 bulan. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel