Babinsa Okiap Sosialisasikan Komcad dan Ajak Warga Menjaga Kebersihan Lingkungan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Babinsa Okiap Sosialisasikan Komcad dan Ajak Warga Menjaga Kebersihan Lingkungan

Babinsa Okiap Sosialisasikan Komcad dan Ajak Warga Menjaga Kebersihan Lingkungan
Babinsa Kelurahan Batu Hitam, Serda Okiap saat memberikan arahan dan sosialisasi Komcad kepada warga di Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Kamis (02/02/2023)  (Fhoto : Bernard Simatupang/Infokepri.com).

By Bernard Simatupang


NATUNA, Infokepri.com
- Babinsa Kelurahan Batu Hitam, Serda Okiap, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan komunikasi sosial dengan warga binaan di Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Kamis (02/02/2023).

"Kegiatan komunikasi sosial merupakan salah satu tugas pokok yang harus dilaksanakan secara rutin oleh Babinsa sebagai sarana silaturahmi untuk mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga tercipta hubungan yang baik dan harmonis sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat," ujar Serda Okiap.

Mengingat belakangan ini cuaca ekstrem sedang terjadi di Kabupaten Natuna dengan curah hujan sangat tinggi disertai angin kencang akan berdampak rawan bencana, seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, gelombang laut tinggi, dan bencana lainnya.

Oleh karenanya, dalam kesempatan tersebut, Serda Okiap mengimbau warga agar tetap waspada dan jeli mengamati keadaan terutama yang berada di titik rawan bencana.

Khusus untuk mengantisipasi terjadinya banjir, Serda Okiap mengajak seluruh warga untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta membersihkan selokan atau parit untuk menghindari penyumbatan saluran air.

"Menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan lingkungan yang bersih, selain terhindar dari bahaya banjir, kita juga akan terhindar dari berbagai penyakit tentunya," tutur Serda Okiap.

Tidak lupa, dalam kegiatan tersebut, ia juga berkesempatan mensosialisasikan tentang komcad (komponen cadangan) bagi segenap lapisan masyarakat Kelurahan Batu Hitam.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat baik staf kelurahan maupun masyarakat yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun agar ikut  berpartisipasi dengan mendaftarkan diri untuk menjadi komcad demi mengabdi kepada Nusa dan Bangsa.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Editor : P Sipayung
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel