Babinsa R Damanik Himbau Warga Agar Tidak Membuang Sampah ke Sungai - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Babinsa R Damanik Himbau Warga Agar Tidak Membuang Sampah ke Sungai

Babinsa R Damanik Himbau Warga Agar Tidak Membuang Sampah ke Sungai
Babinsa Desa Cemaga Tengah, Sertu R Damanik saat memberikan arahan  kepada warga di Dusun Batu Bayan Timur RT 002/RW 002, Desa Cemaga Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan, Minggu (05/02/2023)  (Fhoto : Bernard Simatupang).

By Bernard Simatupang
NATUNA, Infokepri.com
- Babinsa Desa Cemaga Tengah, Sertu R Damanik, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan komunikasi sosial dengan salah satu warga binaan, Ujang di Dusun Batu Bayan Timur RT 002/RW 002, Desa Cemaga Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan, Minggu (05/02/2023).

Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan sarana efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan serta menjalin hubungan baik antara TNI dengan masyarakat. Hal ini yang dilakukan Sertu R Damanik dalam memupuk kebersamaan bersama para warga binaannya.

"Melalui Komsos, Babinsa mampu membangun komunikasi dengan seluruh komponen masyarakat yang menjadi tanggung jawab demi terwujudnya lingkungan yang aman, nyaman dan tenteram," ujar Sertu R Damanik.

Dalam kegiatan ini, Sertu R Damanik memberikan imbauan kepada Ujang dan segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terutama bagi warga yang tinggal disekitar pinggir sungai mengingat saat ini sedang musim penghujan sehingga rawan terjadi banjir dan longsor.

Oleh karenanya, ia mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Dan ia mengajak segenap masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, melakukan pembersihan drainase dan saluran pembuangan air lainnya agar air dapat mengalir dengan lancar guna menghindari terjadinya banjir.

Selain itu ia juga mengajak seluruh masyarakat agar tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang tidak menentu yang terjadi akhir-akhir ini di Natuna.

"Perubahan cuaca yang tidak menentu baik dari musim panas ke musim hujan atau sebaliknya dari musim hujan ke musim panas dapat mempengaruhi kesehatan dengan timbulnya berbagai penyakit seperti pilek, demam batuk dan penyakit lainnya," kata Damanik.

"Oleh karenanya, saya berharap kepada segenap masyarakat agar tetap waspada terhadap iklim ekstrem yang terjadi saat ini dengan menjaga kebersihan lingkungan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel