Pimpin Upacara, Pj Wako Tebing Tinggi: "Jadikan Pancasila Sebagai Pegangan Kehidupan Sehari-hari" - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pimpin Upacara, Pj Wako Tebing Tinggi: "Jadikan Pancasila Sebagai Pegangan Kehidupan Sehari-hari"

Pimpin Upacara, Pj Wako Tebing Tinggi: "Jadikan Pancasila Sebagai Pegangan Kehidupan Sehari-hari"
Suasana Peringatan Hari Lahir Pancasila

TEBING TINGGI, Infokepri.com - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023, Pemerintah Kota Tebing Tinggi menggelar upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Pj. Wali Kota (Wako) Tebing Tinggi, di Lapangan Merdeka, Jl. Sutomo, Kota Tebing Tinggi. Kamis, (01/06/2023)

Upacara bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global" di lingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi, diikuti oleh unsur Forkopimda, sejumlah pimpinan OPD, perwakilan ASN, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, perwakilan pelajar dan mahasiswa Kota Tebing Tinggi serta tamu undangan lainnya.

Pada upacara, bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup), Pj. Wali Kota Tebing Tinggi, Drs. Syarmadani, M.Si, dan selanjutnya membacakan langsung pidato Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Pimpin Upacara, Pj Wako Tebing Tinggi: "Jadikan Pancasila Sebagai Pegangan Kehidupan Sehari-hari"
Pj.Walikota Tebing Tinggi 
Dalam isi pidato yang dibacakan oleh Pj. Wali Kota Tebing Tinggi menyampaikan bahwa Pancasila ditetapkan sebagai dasar dari Philosofische Grondslag.

"Sebagaimana kita ketahui hari lahirnya Pancasila tepat pada tanggal 1 juni 1945, dimana genap 78 tahun lamanya setelah adanya deklarasi hasil rapat BPUPKI menyatakan bahwa pancasila ditetapkan sebagai dasar dari Philosofische Grondslag atau bisa dikatakan sebagai dasar filosofi bagi bangsa Indonesia tercinta," terangnya.

Pancasila, lanjutnya sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan general, namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga, baik di masa dulu sekarang dan masa yang akan datang," katanya lagi.

Selain itu, Pancasila telah membuktikan kekuatannya dalam menghadapi masalah global, seperti Pandemi Covid-19.

"Bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis dalam menghadapi masa Pandemi Covid 19. Hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia. Kedepan kita akan mewujudkan Indonesia semakin maju dan berkembang," terangnya.

Berikutnya, dimana tahun depan  akan menghadapi pesta demokrasi melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024.

"Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur aman dan damai. Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan dalam menciptakan suasana yang aman dan damai," katanya.

Pimpin Upacara, Pj Wako Tebing Tinggi: "Jadikan Pancasila Sebagai Pegangan Kehidupan Sehari-hari"
Suasana Peringatan Hari Lahir Pancasila 
Terkait angka stunting yang masih tinggi di Indonesia. "Pada kesempatan ini saya sampaikan bahwa angka stunting Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO yaitu 20 persen. Untuk mengatasinya saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong-royong bersama sama peduli terhadap generasi penerus bangsa," katanya lagi.

Terkahir, dalam penyampaiannya mengajak segenap bangsa Indonesia untuk berkomitmen membangun peradaban dan pertumbuhan global dengan menguatkan jati diri dan karakter bangsa sikap dan perilaku patriot cinta tanah air.

"Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini marilah kita bergotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa," terangnya.

"Sikap dan perilaku patriot cinta tanah air sudah menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, mari kita terus semangat dalam perjuangan  Pancasila dari Sabang sampai Merauke," tutup Pj. Wali Kota Tebing Tinggi.


Editor : Andi Pratama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel