Lansia dan Penyandang Disibilitas Terima Bansos dari Pemkab Bintan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Lansia dan Penyandang Disibilitas Terima Bansos dari Pemkab Bintan

Lansia dan Penyandang Disibilitas Terima Bansos dari Pemkab Bintan
Suasana Kegiatan Penyerahan Bantuan Kepada Lansia (Foto by ist/www.infokepri.com)

BINTAN, Infokepri.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Dinas Sosial Kabupaten Bintan, bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Tanjung Pinang, melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) penyaluran Bantuan sosial (Bansos) bagi Lanjut usia (Lansia) dan penyandang disabilitas.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Dewi Kumalasari Ansar menekankan pentingnya memastikan bahwa bantuan yang akan diberikan benar-benar tersalurkan dengan tepat sasaran, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat lanjut usia di Kabupaten Bintan.

"Saya harapkan Pemerintah Kabupaten Bintan akan terus berkomitmen untuk mendukung inisiatif yang mendorong kesejahteraan dan inklusi sosial di tengah-tengah masyarakat. Program seperti BLT Lansia dan bantuan bagi disabilitas merupakan langkah konkret untuk menjawab kebutuhan masyarakat kita yang rentan," katanya.

Berikutnya, Bupati Bintan, Roby Kurniawan menyampaikan lanjut usia dan disabilitas merupakan kelompok rentan yang memiliki resiko sosial tinggi sehingga diperlukan program-program yang berkesinambungan demi peningkatan kesejahteraan dan daya beli dari lansia dan penyandang disabilitas.

Salah satu program yang dilaksanakan oleh kabupaten Bintan adalah Bintan peduli lansia melalui prinsip 'No One Left Behind' yang mana semua lansia di kabupaten Bintan menjadi perhatian pemerintah dan merupakan wujud nyata realisasi visi misi kabupaten Bintan.

BLT Lansia sendiri sudah berjalan selama 3 tahun di Kabupaten Bintan sejak tahun 2021 sampai tahun 2023, dan akan tetap berlanjut untuk ke depannya, program BLT Lansia juga menghantarkan Kabupaten Bintan mendapatkan penghargaan dalam Ajang Inovative Goverment award (IGA).

Untuk tahun 2024 nantinya Pemkab Bintan berencana akan memberikan bantuan langsung tunai kepada 300 penyandang disabilitas senilai Rp1,2 Juta per orang dengan total anggaran Rp360 Juta.

"Pemkab Bintan senantiasa hadir dalam memberikan pelayanan dan kepedulian serta rasa penghormatan kepada orang tua dan penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Bintan," terangnya.

Berikutnya, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bintan, Samsul menyampaikan bahwa  data penyandang disabilitas di Kabupaten Bintan sebanyak 646 orang yang akan menjadi fokus di Dinas Sosial pada tahun 2022 sedangkan untuk tahun 2023 masih menunggu data dari setiap kecamatan kelurahan dan desa.

"Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh kecamatan Kelurahan dan desa di Kabupaten Bintan agar bisa memberikan data yang tepat sehingga seluruh Lansia dan penyandang disabilitas bisa merasakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Bintan," tutupnya. (*)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel