Menyerahkan KIA Kepada LKSA Se-Kota Batam, Ini Kata Mensos RI dan Ketua DPRD Batam - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Menyerahkan KIA Kepada LKSA Se-Kota Batam, Ini Kata Mensos RI dan Ketua DPRD Batam

Menyerahkan KIA Kepada LKSA Se-Kota Batam, Ini Kata Mensos RI dan Ketua DPRD Batam
Suasana Kegiatan Penyerahan Dokumen Kependudukan KIA Dan Akta Kelahiran Kepada LKSA Se -Kota Batam (Posman/Infokepri.com)

By Posman
BATAM, Infokepri.com - Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyerahkan dokumen kependudukan berupa Kartu Identitas Anak (KIA) serta Akta Kelahiran kepada anak naungan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) se-Kota Batam.

Kegiatan tersebut dihadiri Kementrian Perempuan dan Anak, Dirjen Kependudukan Kemendagri, Kejati Kepri, Kejari Batam, Walikota Batam Muhammad Rudi, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto bersama jajarannya serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Batam lainnya, di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Batam Rabu, (24/01/2024)

Dikesempatan itu, Menteri Sosial RI DR. Hj. Tri Rismahariani, MT menyerahkan secara simbolis Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada perwakilan anak naungan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) se-Kota Batam dengan pendampingan Kejaksaan Negeri Batam.

"Hanya Tuhan yang dapat membalas kebaikan bapak, ibu sekalian di Provinsi Kepri dan Batam khususnya yang telah membantu anak-anak mendapatkan Kartu Identitas Anak, sesuai Permendagri  Nomor : 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak," katanya.

Lanjutnya, mengapresiasi langkah strategis Pemerintah Kota Batam dan Kejaksaan Negeri Batam dalam menuntaskan permasalahan dokumen kependudukan bagi anak-anak tersebut. Dan ini merupakan langkah penting untuk memenuhi hak-hak anak asuh LKSA sekaligus membuka pintu, serta kesempatan untuk mendapatkan pendidikan, kesehatan dan perlindungan hukum yang layak.

Setiap anak di Indonesia wajib dan berhak atas identitas diri. Hal ini untuk keadilan, beliau mengapresiasi program ini lantaran pemerintah telah mengambil langkah penting untuk memenuhi hak-hak anak asuh LKSA.

"Jika hal tersebut tidak dipenuhi warga tentu nasib dan keberlanjutan anak-anak Indonesia yang belum memiliki identitas akan menjadi problematika termasuk status dan untuk memperoleh pendidikan, kesehatan serta memperoleh pekerjaan," tutupnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto menyampaikan bahwa akan membantu program dan terobosan dari Kemensos. Secara rinci keberadaan anak-anak yang belum memiliki identitas masih minim.

"Anak telantar, pakir miskin dan anak yatim piatu merupakan tanggung jawab pemerintah. Melalui Kemensos telah melsaksanakan kontitusi tersebut, salah satunya menyediakan dan memfasilitasi KIA,” katanya.

Lanjutnya, akan mendukung dan membantu serta memfasilitasi dalam bentuk kebijakan. Dan juga memberikan dorongan kepada Pemko Batam untuk mendukung program Kementrian Sosial Republik Indonesia.

"Anak Indonesia berhak mendapatkan perhatian dan fasilitas Negara," kata pria yang akrab disapa Caknur, mendampingi Mensos RI meluncurkan KIA, sekaligus memberikan bingkisan berupa Sembako dan fasilitas lainya. (*)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel