Kini CT Scan dan Mamografi, Hadir di RSUD Muhammad Sani Karimun - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Kini CT Scan dan Mamografi, Hadir di RSUD Muhammad Sani Karimun

Kini CT Scan dan Mamografi, Hadir di RSUD Muhammad Sani Karimun
Suasana Peresmian Alat Kesehatan CT Scan Dan Mamografi Di RSUD Muhammad Sani (Foto by ist/www.infokepri.com)

KARIMUN, Infokepri.com - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan langsung beroperasinya dua alat CT Scan dan Mamografi, sekaligus syukuran akreditasi paripurna yang diraih RSUD Muhammad Sani, di Tanjung Balai Karimun.

CT scan dan Mamografi adalah dua jenis pemeriksaan yang menggunakan sinar-X untuk mengambil gambar bagian dalam tubuh.

CT scan dapat menghasilkan gambar yang detail dari banyak struktur di dalam tubuh, termasuk organ internal, pembuluh darah, dan tulang. 

Mamografi digunakan untuk mendeteksi adanya pertumbuhan atau perubahan abnormal pada jaringan payudara, termasuk untuk mengetahui keberadaan kanker.

Hadirnya dua alat tersebut, Gubernur Kepri menyampaikan bahwa dengan semakin meningkatnya layanan kesehatan di RSUD Muhammad Sani maka pemerataan kesehatan di Provinsi Kepulauan Riau semakin merata dan terjangkau masyarakat. 

Meningkatnya pemerataan kesehatan di Provinsi Kepulauan Riau sangat penting karena kondisi geografis Kepri yang terdiri dari banyak pulau dan dipisahkan lautan.

"Kita ingin seluruh masyarakat Kepri bisa menjangkau semua jenis pelayanan kesehatan dan pemeriksaan, dengan hadirnya CT scan dan Mamografi di RSUD ini maka masyarakat Karimun tidak perlu lagi jauh-jauh jika membutuhkan perawatan," katanya.

Berikutnya, Bupati Karimun mengatakan bahwa hadirnya alat CT scan dan Mamografi ini adalah kerja keras Pemerintah Kabupaten Karimun dan manajemen RSUD Muhammad Sani untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

Pengadaan dua alat ini membutuhkan satu tahun dengan biaya Rp 13 Miliar untuk CT scan dan Rp 4 Miliar untuk mamografi.

Meskipun dua alat ini sudah datang pada Desember 2023, namun membutuhkan izin dari BAPETEN (Badan Pengawas Tenaga Nuklir) untuk pengoperasiannya. 

"Sekarang dengan adanya dua alat ini masyarakat Karimun tak perlu lagi jauh-jauh kalau mau berobat, kami tau betul masyarakat Karimun butuh betul alat ini," terangnya.

"Diraihnya akreditasi paripurna RSUD Muhammad Sani patut diapresiasi, ditambah ada enam Puskesmas di Karimun yang juga meraih akreditasi paripurna," tutupnya.

Sebelumnya, masyarakat Karimun yang ingin melakukan pemeriksaan dengan CT Scan atau Mamografi harus menjalani rujukan ke rumah sakit di Batam apabila ingin melakukan pemeriksaan tersebut.(*)


Editor : Andi P

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel