Petugas Rutan Karimun Gelar Halal Bihalal Bersama Warga Binaan yang Tidak Pernah Dibesuk Keluarganya - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Petugas Rutan Karimun Gelar Halal Bihalal Bersama Warga Binaan yang Tidak Pernah Dibesuk Keluarganya

Petugas Rutan Karimun Gelar Halal Bihalal Bersama Warga Binaan yang Tidak Pernah Dibesuk Keluarganya
Warga binaan Rutan Karimun saat mengikuti acara halal bihalal di ruang kunjungan Rutan Tanjung Balai Karimun, Senin, (15/04/2024) (Pri /Infokepri.com)

By Pri

KARIMUN, Infokepri.com
– Pasca Lebaran Idul Fitri 1445 H,  Kepala Rutan Tanjung Balai Karimun dan Pejabat Struktural laksanakan halal bihalal dan silaturahmi untuk warga binaan lansia dan warga binaan yang belum pernah dikunjungi keluarga saat lebaran kemarin, Senin, (15/04/2024)

Suasana penuh haru mewarnai Halal Bihalal bersama tersebut yang dilaksanakan di ruang kunjungan Rutan Tanjung Balai Karimun. Apa lagi ada istilah dikalangan penghuni jika bagi mereka yang tidak pernah mendapat kunjungan keluarga sejak menjalani hukuman kerap dikenal dengan sebutan 'Anak Hilang'

Salah seorang Warga Binaan Rutan Karimun menyebutkan sangat senang atas kegiatan yang digelar oleh Rutan Karimun.

"Saya sangat senang dan terobati dengan digelarnya kegiatan ini apa lagi petugas Rutan di sini sudah seperti keluarga bagi saya. Mereka datang menghibur, bahkan saya mengikuti berbagai kegiatan sejak awal Ramadan karena memang sejak masuk ke sini saya ikut kegiatan pesantren. Alhamdulillah kegiatan keagamaan di sini merubah cara berpikir saya," kata salah seorang warga binaan Rutan saat acara sesi sharing bersama Kepala Rutan.

Mendapat sambutan hangat dan perlakuan yang sangat manusiawi membuat warga Binaan terharu dan bersemangat

"Alhamdulillah di sini meskipun berstatus 'Anak Hilang' saya mendapatkan pengganti sebagai orang tua saya sudah seperti ayah yang selalu membimbing dan banyaklah sudah seperti saudara semua," lanjut warga binaan lainnya.

Sementara itu Kepala Rutan Tanjung Balai Karimun, Arjiunna mengatakan pihaknya memang sengaja melaksanakan kegiatan halal bihalal ini untuk mengobati rasa rindu warga binaan terhadap keluarga mereka dan sarana berbagi kebahagiaan di momen Idul Fitri. Program tersebut mendapat sambutan luar biasa dari warga binaan Rutan Karimun.

" Ada banyak warga binaan yang melewati masa silaturahmi Idul Fitri sendirian tanpa kunjungan keluarga, setidaknya ada 15 orang warga binaan lansia dan 48 orang warga binaan yang tidak dibesuk oleh keluarga mereka. Kepada mereka yang berstatus 'Anak Hilang' itu, pihak Rutan memberikan perhatian khusus agar mereka tidak merasa jauh dari keluarga,” kata Arjiunna

Dikatakannya, sebelumya pihak Rutan telah mendata dan mengamati ada beberapa warga binaan tidak memiliki keluarga ataupun punya keluarga tapi jauh dari Tanjung Balai Karimun, mungkin jarak tempuhnya sangat jauh untuk menuju Pulau Karimun sehingga mereka tidak bisa di kunjungi.

“ Mereka-mereka ini kami berikan semacam perhatian khusus. Kami selaku petugas bagaimanapun merasa bahwa mereka itu adalah anak -anak kami, jadi perlu kami hibur, perlu kami berikan semacam pembinaan khusus. Dimana pada saat Lebaran ini kami memberikan keyakinan bahwa kami adalah keluarga mereka yang siap untuk membina mereka melewati masa yang sulit menjalani hukuman di dalam Rutan," ucap Arjiunna. (Pri)


Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel