Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » Lantamal IV Tanjungpinang Berhasil Mengamankan Kapal TB Ever Prosper Dan Kapal TK Ever Omega Bersama 10 ABKnya Yang Dirompak Di Perairan Indonesia

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno (Fhoto : Infokepri.com)

TANJUNGPINANG, Infokepri.com - Jajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang berhasil mengamankan Tugboat (TB) Ever Prosper dan Tongkang (TK) Ever Omega berbendera Malaysia yang diduga telah dirompak sekitar 70 mil dari Pulau Tambelan,  kapal TB Ever Prosper ini rencananya akan dibawa ke wilayah Malaysia Barat . 

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno saat menggelar konfersi pers di Pangkalan Lantamal IV Mentigi, Tanjunguban, Bintan, Kamis (7/12/2017) mengatakan kapal TB Ever Prosper memiliki 8 orang Anak Buah Kapal (ABK)  dan TK Ever Omega memiliki 2 orang ABK, kesepuluh ABK tersebut satu orang diantaranya warga Negara India dan 9 orang warga negara Indonesia.
Kedua kapal ini, sebut Eko, menurut keterangan ABKnya dirompak pada tanggal 22 November 2017 lalu sekira pukul 02.00 Wib pada posisi 02°12'46"U - 107°06'33'T ° 176 Nautical Mil Timur Laut Pulau Lima dan 123,5 Nautical Mil dari Zona Ekonomi Eksekutif (ZEE).
 

Kapal ini bermuatan minyak Crude Palm Kernel Oil (CPKO) sebanyak 3.696 ton dirompak dalam perjalanan dari Bintulu, Serawak, Malaysia menuju Butterworth Pulau Penang, Malaysia, Kedua kapal ini dirompak oleh tiga orang perompak dengan menggunakan speed boat kecil, para perompak naik ke kapal TB Ever Prosper dengan menodongkan pistol dan parang. Kemudian para perompak  mengikat ABK TB Ever Prosper yang berjumlah 8 orang dan ABK TK. Ever Omega yang berjumlah 2 orang.

Kemudian, 8 orang ABK TB. Ever Prosper dan 2 orang ABK TK. Ever Omega dipindahkan ke kapal TB. Pembajak dan 4 orang ABK tetap berada dalam TB. Ever Prosper dalam kondisi terikat (Mualim 1, masinis 1, juru mudi dan juru minyak).

Kapal TB. Ever Prosper diarahkan menjauh dari kapal TK. Ever Omega, saat itu kapal TB. Ever Prosper bergerak sendiri tanpa diawali (4 orang ABK yang berada di TB. Ever Prosper dalam kondisi terikat di ruang bawah) dan diikuti kapal TB. Pembajak.

Kurang lebih 1 jam, kapal TB, Pembajak kembali ke Tongkang dan memasang talitunda kapal TB. Ever Omega karena kapal TB. Pembajak tidak kuat menarik kapal TK. Ever Omega akhirnya dilepas dan 4 ABK kapal TB. Ever Prosper  dipindahkan  ke kapal TK. Ever Omega selanjutnya kapal TB pembajak  meninggalkan kapal TK Ever Omega.

Kemudian datang kapal ikan United dan merapat ke kapal TK.Ever Omega, selanjutnya melaporkan posisi Tongkang kepada Lanal Tarempa

Menurut Eko Suyatno pihaknya mendapat informasi kejadian perompakan ini dari Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APPM) yang menyebutkan telah terjadi perompakan terhadap TB Ever Prosper dan TK Ever Omega.
"APMM meminta bantuan kepada kita (TNI AL) untuk mencari kapal yang dirompak. Wilayah kejadiannya berada di lokasi Tambelan," kata Eko

Menindaklanjuti informasi tersebut, kata Eko, langkah yang diambil inteligen Lantamal IV melaporkan ke Koarmabar. Tindakan yang dilaksanakan memerintahkan unsur gelar operasi dan Guskamlabar untuk melakukan pencarian. Guspurlabar memerintahkan KRI Halasan 630 untuk melaksanakan pencarian terhadap kapal tersebut.

"Ditemukan pada posisi 02.50'00" U-107 10' 00 T dengan kondisi ABK selamat," kata dia

Untuk saat ini, Lantamal IV masih melakukan penyelidikan terhadap dugaan perompakan tersebut. 10 ABK TB Ever Prosper dan TK Ever Omega saat ini berada di Pangakalan Lantamal IV Mentigi Tanjunguban,Bintan untuk menjalani pemeriksaan.

Eko menjelaskan perjalanan kapal tersebut sangat strategis disebabkan karena modus kejahatan yang dilakukan yaitu pembajakan TB Ever Prosper yang akan dilarikan ke wilayah Malaysia Barat.Dugaan sementara para perompak ingin merompak karena memiliki keuntungan nominalnya sangat besar.

"Perompakan seperti ini modus baru, kita akan pelajari dulu kejahatan seperti ini," kata dia.

Ia mengatakan nahkoda dan ABK tidak menutup kemungkinan terlibat dalam kasus ini dan saat ini masih diselidiki peran dari masing masing.

Kecurigaan terlibatnya ABK kapal tersebut lantaran adanya kejanggalan saat diintrogasi petugas Nahkoda bisa membawa HT dari kapal TB.Ever Prosper menuju kapal TK.Ever Omega tanpa diketahui pembajak.

Selain itu perlengkapan pribadi 6 orang ABK berupa pakaian lengkap sempat dibawa dari kapal TB. Ever Prosper menuju kapal TK. Ever Omega. 6 ABK yang ditinggal di kapal TK. Ever Omega dapat menceritakan proses kapal TB. Ever Prosper menjauh dari kapal TK. Ever Omega (tanpa diawaki,4 ABK dalam kondisiterikat di ruang bawah) padahal mereka dalam kondisi terikat di ruang bawahTB. Ever Prosper

Mereka menceritakan bahwa pemilik TK.Ever Omega adalah perusahaan terbesar di Malaysia yang jahat dan selalu menekan para pekerja.

(Surya)

About Redaksi News

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda