Redaksi dan Pemasaran Telp (0812)70197866,| Email: paruliankepri@yahoo.com
» » » » ACT Melalui Lembaga Global Qurban Menyalurkan Hewan Kurban Ke Masjid dan Kepada Orang Yang Membutuhkannya



BATAM, Infokepri.com- Walau baru terbentuk di Kepri pada Januari 2018 lalu namun Aksi Cepat Tanggap (ACT) telah melakukan banyak aksi kemanusiaan untuk menolong orang susah.


Salah satu yang dilakukan ACT adalah menyumbangkan satu ekor sapi yang disembelih di Mesjid Agung, Batam Centre, Batam pada hari raya Idul Adha 1439 H.

Brinanti Sandwika Jalius ST.MM selaku Branch Maneger Aksi Cepat Tanggap Kepulauan Riau saat ditemui sejumlah awak media pada Rabu (22/8/2018) mengatakan  Aksi Cepat Tanggap (ACT) merupakan lembaga dari kemanusiaan dan berdiri sejak tahun 2005.

"Jadi sekarang dalam moment hari Qurban ini kita dari Aksi Cepat Tanggap (ACT ) melalui lembaga global Qurban menyalurkan hewan kurban ke masjid dan kepada orang yang membutuhkannya," katanya.

Wanita yang akrab disapa Ika ini mengatakan saat ini di Kepri ACT berjumlah sebanyak 187 orang dengan Qurban ada yang sapi dan ada yang kambing.

Ia menyebutkan ACT saat ini ada di 34 provinsi dan ada di 40 negara.

"Untuk di Kepri sendiri seperti di Batam ada 1 ekor sapi yang kita sembelih di Mesjid Agung Batam Centre, di Anambas sebanyak 2 ekor sapi dan di Natuna sebanyak 2 ekor sapi," katanya.

Ia juga menyebutkan  di Lombok ACT juga ikut membantu korban bencana menyumbang hewan kurban.

"Kalau secara nasional kambing Qurban yang disumbangkan totalnya hampir 30 ribu ekor karena hari tesik masih ada 3 hari lagi dapur Qurban ini kita hadirkan untuk makan bersama," katanya.

Lebih lanjut disebutkannya hari raya Qurban merupakan hari raya besar dan kita 4 hari ini dilarang berpuasa.

"Semua disuruh untuk kegiatan bersama jadi kita hadirkan nuansa makan bersama dan ini kita masak kurang lebih ada 700 porsi dan akan dibagi-bagikan ke masyarakat dan untuk sekitar kawasan Tanjung Uncang dibagikan sebanyak 150 paket," katanya.

Jadi Aksi Cepat Tanggap itu, katanya, bergerak dibidang kemanusiaan.Jadi kita kerja terhadap permasalahan permasalahan kemanusiaan baik itu bencana alam ,kemiskinan maupun kondisi-kondisi sosial lainya.

Untuk emergency sekarang ini seperti bencana gunung Sinabung , gunung Agung kemudian terakhir gempa di Lombok disitu ACT juga ada kepedulian solidaritas selain itu juga kepada negara -  negara muslim seperti  di Pakistan, Suriah kemudin juga bagi etnis Rohingya yang ada di Bangladesh.

Untuk membantu , katanya, ACT tidak memandang masalah agama tetapi melihat permasalahan kemanusiaan.

 Di singgung mengenai sumber dana dari mana Ika menyebutkan sumber dana mereka berasal dari donatur.

"Dana kita semua dari donatur ACT, jadi masyarakat yang menyalurkan dananya melalui Aksi Cepat Tanggap," katanya

(RN)

About Redaksi News

Info Kepri Memberitakan Dengan Akurat dan Terpercaya.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Terima kasih atas Kunjungan Anda