Lanal Ranai Tenggelamkan Kapal Ikan Asing Yang Melakukan Ilegal Fishing - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Lanal Ranai Tenggelamkan Kapal Ikan Asing Yang Melakukan Ilegal Fishing



ANAMBAS, Infokepri.com - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ranai, melakukan kegiatan penenggelaman Kapal Ikan Asing (KIA) yang diamankan lantaran melakukan kegiatan ilegal fishing di perairan Indonesia. Selasa, (21/8/2018) 

Pelaksanaan penenggelaman kapal tersebut, dengan kendali Komando langsung dipimpin oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, dilaksanakan secara serentak di 11 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. 


Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E, menyampaikan, serah terima dari Kejari kepada Lanal Ranai, yang mana KIA Vietnam sudah berkekuatan hukum untuk di musnahkan. 
"Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan aman, lancar dan sesuai dengan yang di harapkan," terangnya dilokasi penenggelaman KIA Vietnam Ilegal Fishing. 

Adapun jenis kapal ikan pelaku tindak pidana perikanan ilegal fishing tersebut, dengan berbagai ukuran yang saat ini terkumpul di 11 pelabuhan masing masing daerah dimana penenggelaman kapal akan dilaksanakan secara serentak. 

Ditempat yang sama, Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri Natuna, Juli Isnur S.H., M.H mengatakan, Kejaksaan RI mempunyai tugas dan wewenang sebagai eksekutor dalam pelaksanaan kegiatan pemusnahan dan penenggelaman barang bukti. 

Dalam pasal 270 KUHAP, Pasal 30 ayat 1 UU No.16 tahun 2004, tentang Kejaksaan dan Perpres nomor 115 tentang Satuan Tugas Penangkapan Ikan secara Illegal/Illegal Fishing. 

"Penenggelaman kapal pelaku tindak pidana Ilegal Fishing hasil operasi dan tangkapan penyidikan TNI AL, Polair, PSDKP di wilayah perairan ZEEI periode tahun anggaran 2018," pungkasnya. 

Selanjutnya, secara simbolis 1 buah KIA Vietnam BV 0627 TS di lokasi penenggelaman perairan Sabang Mawang dengan disaksikan Dirjen Tangkap Psdkp, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri, Sesdit Psdkp serta undangan.

(R/AP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel