Kasi Ops Rem 033/WP Buka Latihan Posko I Kodim 0315/Bintan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Kasi Ops Rem 033/WP Buka Latihan Posko I Kodim 0315/Bintan



BINTAN, Infokepri.com  - Kasi Ops Rem 033/WP Kolonel Inf Ariful Mutaqin membuka latihan Posko I Kodim 0315/Bintan di Aula Makodim 0315/Bintan, Kepri, Kamis (9/5/2019).

Dalam sambutannya Kasi Ops menyampaikan latihan posko I Kodim 0315/Bintan dilaksanakan dalam bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah diharapkan kepada seluruh penyelenggara, pendukung dan pelaku latihan Posko dapat melaksanakan dengan baik dan semangat.

Latihan posko I Kodim 0315/Bintan ini sebagai ajang bagi komandan Kodim dan Perwira Stafnya untuk menguji dan mengolah kemampuan operasionalnya, juga menjadi kebutuhan, terutama dihadapkan tantangan ke depan.

Dengan thema “latihan Posko I Kodim 0315/Bintan kali ini”, Kodim melaksanakan tugas bantuan kepada Pemerintahan Daerah di wilayah dalam rangka menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Kodim 0315/Bintan siap menjalankan Undang-undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat 2 bahwa tugas pokok TNI dilaksanakan dengan operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang (OMSP), diantara tugas dalam OMSP adalah tugas membantu penanggulangan akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan. 



Undang-Undang RI nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, dalam hal ini TNI khususnya TNI-AD secara sah terlibat dalam penanggulangan bencana yang diwadahi dalam organisasi badan penanggulangan bencana daerah (BPBD).

Tentunya didalam pelaksanaan tugas-tugas itu dituntut kesiapan satuan yang tinggi, baik kesiapan personel yang berkaitan dengan profesionalitasnya, maupun kesiapan materiil yang berkaitan dengan kesiapan sarana yang digunakan untuk menyukseskan pelaksanaan tugas, serta kesiapan piranti lunak yang dijadikan pedoman pelaksanaannya.

Kodim 0315/Bintan merupakan komando pelaksana Korem 033/Wira Pratama yang bersifat kewilayahan dan memiliki wilayah tanggung jawab di wilayah Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Lingga salah satu persoalan yang mungkin timbul di wilayah adalah bencana alam. Maka dari itu, kesiapan operasi dan kemampuan tugas satuan agar mendapat hasil optimal, perlu adanya pemeliharaan dan peningkatan kemampuan para unsur pimpinan dan staf Kodim 0315/Bintan, dalam melaksanakan prosedur penyelesaian masalah yang berkembang di wilayahnya secara profesional.

Ia mengatakan penyelenggaraan latihan Posko I Kodim 0315/Bintan, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan komando pengendalian suatu operasi dalam rangka menghadapi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang terjadi di wilayah, latihan posko direncanakan berlangsung selama 3 hari yaitu mulai tanggal 2 sampai dengan  Juni 2018. (Penrem 033WP).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel