Bakamla RI (IDNCG) Gelar Latihan Bersama Dengan USCG - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bakamla RI (IDNCG) Gelar Latihan Bersama Dengan USCG


BATAM, Infokepri.com - Tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) melakukan pengejaran terhadap Kapal United States Coast Guard (USCG) Cutter Stratton, di Perairan Batu Ampar, Batam,  kemarin.

Aksi itu berlangsung dalam latihan bersama Bakamla RI/IDNCG - USCG, Minggu (11/8/2019).

Tim VBSS bermanufer tapal kuda untuk mengamankan area kapal target dan melakukan observasi sekeliling kapal dengan menggunakan dua unit Rigid Hulled Inflatable Board (RHIB) sebelum naik ke Kapal Cutter Stratton yang diskenariokan sebagai kapal target.

Saat berada di atas kapal, tim VBSS yang dipimpin  Serka Bakamla Leo Barata Yudha ini melakukan observasi dan pengamatan kapal dan pemeriksaan kepada kapten kapal.

Skenario menceritakan, kapten kapal target memberikan jawaban yang salah terhadap jumlah anak buah kapal (ABK). Saat aparat menemukan sebuah tas, Kapten kapal menolak untuk membuka, dan kemudian saat dibuka paksa ditemukan keberadaan heroin di dalam tas tersebut.

Disini, tim VBSS menerapkan  bagaimana melakukan body searching, dan bagian tubuh mana yang seharusnya diperiksa. Tim juga berlatih pre boarding question,  bagaimana mengenali perilaku dan jawaban yang mencurigakan. Selain itu diterapkan juga peran penggeledahan kapal target, handcuffing (pemborgolan), dan pengenalan peralatan standar yang digunakan selama pemeriksaan.

Selama proses latihan ini, kapal Stratton mengirimkan 4 orang wakilnya untuk bertindak sebagai Liaison Officer (LO).

Adapun selaku LO Bakamla RI/IDNCG di Kapal Cutter Stratton WBSL 752 yaitu  Kasubbid Hukum Zona Maritim Barat Letkol Bakamla Raka Momon Saputra, A.Pi., S.H., M.Krim dan Komandan KN Pulau Dana Letkol Bakamla Hananto Widhi.

Kegiatan latihan bersama berjalan dengan lancar, dan diakhiri dengan pertukaran patch/emblem antar personel kedua instansi Coast Guard ini. Tidak hanya sebagai bentuk pemberian kenang-kenangan, pertukaran patch merupakan hal yang lazim dilakukan antar personel dari negara yang berbeda, sebagai bentuk penghargaan dan mencerminkan keakraban antar kedua instansi Coast Guard.

Selanjutnya, tim VBSS Bakamla RI/IDNCG diantar kembali ke KN. Tanjung Datu 301 menggunakan small boat USCG.

(Autentikasi : Kasubbag Humas Bakamla RI, Letkol Bakamla Mardiono/AP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel