30 Ha Lahan Gambut Terbakar di Kecamatan Sei Kepayang, Wilayah Kabupaten Asahan Diselimuti Kabut Asap - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

30 Ha Lahan Gambut Terbakar di Kecamatan Sei Kepayang, Wilayah Kabupaten Asahan Diselimuti Kabut Asap



ASAHAN, Infokepri.com - Sebanyak 30 Ha lahan perkebunan sawit milik warga yang berada di Kecamatan Sei Kepayang, Desa Perbangunan, Pasar XX terbakar. Terbakarnya lahan gambut perkebunan sawit tersebut sudah terjadi sejak tanggal 17 September 2019.

Warga sekitar dapat memadamkannya secara manual dengan menggunakan alat seadanya. Namun kondisi lahan gambut disertai musim kemarau mengakibatkan lahan tersebut kembali terbakar. Diduga titik api yang dipadamkan oleh warga belum selesai sehingga menjalar hingga membakar 30 Ha lahan perkebunan sawit masyarakat.

Menurut data Pusdalops Datinmas PB BPBD Kabupaten Asahan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar, Senin (23/9/2019) mengatakan, kondisi hari ke sembilan pasca kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Sei Kepayang, Desa Perbangunan, Pasar XX mengakibatkan Kabupaten Asahan diselimuti oleh kabut asap.

"Tim dari TNI-Polri dan BPBD Asahan masih melakukan penyiraman air dan pendinginan dilokasi kebaran menggunakan mobil pemadam serta pompa air. Untuk itu, pantauan secara parameter pengamatan di titik lokasi kebakaran dalam kategori sedang, "katanya.

Masih kata Rahmat, pasca kebakaran lahan gambut tersebut, hingga saat ini tim TNI-Polri dan BPBD Asahan masih melakukan penyiraman, karena kondisi lahan tersebut masih terasa panas dan berasap, dikhawatirkan akan dapat mengakibatkan terbakar kembali.

"Pemadaman lahan gambut masih terus dilakukan, karena belum dapat dipastikan api padam seluruhnya, "ungkapnya.

Selanjutnya Rahmat Hidayat Siregar juga menghimbau masyarakat agar menghilangkan perilaku atau kebiasaan membakar lahan untuk pembukaan lahan baru untuk dijadikan areal pertanian dan perkebunan.

Sementara itu, akibat kebakaran lahan tersebut mengakibatkan terganggunya aktivitas masyarakat Kabupaten Asahan. (GUS)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel