Wings Air Resmikan Inaugural Flight Menuju Dabo Singkep - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Wings Air Resmikan Inaugural Flight Menuju Dabo Singkep


LINGGA, Infokepri.com – Plt.Gubernur Kepri H.Isdianto, S.Sos,MM., didampingi oleh Sekda Kepri DR.H.T.Said Arif Fadila,S.Sos,M.Si  dan sejumlah pejabat Provinsi Kepri menghadiri launching perdana Wing Air dengan rute penerbangan Dabo Singkep – Batam, yang digelar di bandara Dabo Singkep, Selasa (1/10/2019).

Kegiatan itu digelar oleh Unit Penyelenggara Bandar  Udara (UPBU) kelas III Dabo Singkep pada kesempatan itu Plt Gubernur Kepri Isdianto bersama rombongannya berkesempatan menjajal kemampuan pesawat baling-baling tipe ATR 72-600 tersebut yang bertolak dari Bandara Hang Nadim Batam.
Dengan menempuh perjalanan udara lebih kurang 35 hingga 40 menit, kapal udara tersebut berhasil mendarat dengan mulus di Bandara Dabo Singkep yang saat ini memiliki runway sepanjang 1.300 meter.

Keberhasilan penerbangan perdana ini disambut haru dan suka cita oleh Bupati Lingga H.Alias Wello, S.IP., Tr.M.IP., dan Wakil Bupati Lingga, M.Nizar,S.Sos., beserta Sekda Lingga DR.H.M.Juramadi Esram, S.H., M.T., M.H., yang turut hadir dalam penyambutan rombongan gubernur Kepri.

Dalam sambutannya Plt Gubernur Kepri Isdianto mengatakan sangat bangga terhadap kerja keras Bupati Lingga untuk menghadirkan sarana transportasi tersebut di Kabupaten Lingga.

“ Alhamdulillah sekarang terbukti, Wings Air mau mendaratkan pesawatnya di Dabo Singkep,”  ujar Gubernur Kepri.

Plt Gubernur Kepri Isdianto juga mengapresiasi kinerja Bupati serta para pejabat di lingkungan Pemkab Lingga yang telah bekerja maksimal demi kepentingan masyarakat banyak.

Beliau berharap dengan hadirnya Wings Air ini akan mendorong tumbuhnya sektor pariwisata di Kabupaten Lingga kedepannya  karena bukan tidak mungkin nantinya akan berdatangan turis-turis dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Salah satu member dari Lion Air Group tersebut dijadwalkan membuka beberapa rute penerbangan dari dan menuju Dabo Singkep, yakni tujuan Batam, Jakarta, Jogjakarta, Surabaya, Medan, Jambi, Palembang dan Pontianak.

Bupati Lingga Alias Wello mengatakan merupakan suatu kebanggaan bagi kami, bahwa Wings Air akhirnya telah mendarat di Kabupaten Lingga dengan aman dan selamat

Beliau mengungkapkan bahwa, hadirnya maskapai penerbangan komersil di Kabupaten Lingga ini sekaligus menjawab tantangan dan keluh kesah dari masyarakat dan para investor dan pengusaha yang pernah berkunjung ke Lingga, bahwasannya mereka menyarankan untuk menghadirkan transportasi jalur udara di Kabupaten Lingga, sehingga bisa menghemat waktu dan mempersingkat jarak, demikian halnya pula dengan investasi.

 

“Kehadiran Wings Air disini adalah berkat kerja keras kita bersama, terutama bantuan dari bapak Kabandara kita yang tak pernah bosan-bosan menemani saya berkonsultasi mengenai masalah ini. Saya juga berterimakasih kepada semua pihak, terutama dari Lion Air Group yang telah memberikan kepercayaannya kepada kami untuk membuka rute penerbangan di Dabo Singkep”, ungkap beliau.

Dengan hadirnya Wings Air di Kabupaten Lingga, katanya, masyarakat akan mampu memanfaatkannya dengan baik untuk transportasi yang lebih cepat. Selain itu, ia juga berharap  kehadiran maskapai tersebut mampu menghilangkan keraguan bagi para calon investor untuk mengunjungi Kabupaten Lingga serta bisa membuka lebar kran pariwisata Kabupaten Lingga untuk lebih maju kedepannya.

Kepala Bandara Dabo Singkep Andi Hendra Suryaka mengatakan pesawat Wing  Air berkapasitas penumpang sebanyak  72 orang yang nantinya akan terbang secara berjadwal pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu dengan rute Dabo Singkep- Batam.

“ Hali ini buat kami pribadi suatu kebanggaan dan menjadi sejarah pertama kali penerbangan komersil yang berjadwal di kabupaten Lingga,” katanya.
Andi Hendra Suryaka juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Lingga dan mengucapkan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada bupati Lingga, Alias Wello  yang telah bersusah payah meyakinkan manejemen Lion Air sehingga mau menerbangi dengan rute Batam - Dabo Singkep dengan proses yang begitu panjang dan dukungan semua pihak.

Sementara itu, Deki Arianto selaku Chief Pilot dari pesawat yang baru saja mendarat tersebut dalam penyampaian sambutannya mewakili pimpinan manajemen Wings Air dan Lion Air Group menyampaikan terimakasih atas sambutan luar biasa oleh Pemkab Lingga.

“Penerbangan ini menambahkan jumlah penerbangan yang selama ini sudah dilaksanakan di Kepulauan Riau seperti di Tanjungpinang, Letung dan termasuk di Lingga ini” ungkapnya.

Ia berharap, semoga hadirnya armada Wings Air tersebut mampu mendukung Kabupaten Lingga lebih maju di bidang pariwisata.

“Kita melihat pasarnya bagaimana, kalau lancar penerbangan di sini, bukan tidak mungkin akan kita jadwalkan penerbangan setiap harinya”, kata beliau menambahkan.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menginformasikan bahwa saat ini pihaknya telah memiliki 64 unit pesawat ATR tipe 500 dan 600. Untuk kedepannya hingga tahun 2022 mendatang, pihaknya akan menambah armada menjadi 85 pesawat, dan beliau berharap hal tersebut bisa terealisasi.

“Dengan demikian, kami bisa lebih maksimal mendukung program pemerintah untuk menghubungkan wilayah-wilayah di Indonesia lewat jalur udara,” pungkasnya.

Diketahui hadir pada Inaugural Flight tersebut Kabandara Dabo Singkep, Kabandara Japura Rengat,  Kabandara Hang Nadim Batam, Kapolres Lingga, Danlanal Dabo Singkep, perwakilan dari Kajari Lingga, para pejabat dan pimpinan OPD Pemkab Lingga, FKPD, para awak media serta para tamu undangan lainnya.
(MC/Syaf)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel