Dinas Kesehatan Kota Batam Menggelar Penyegaran Kader Posyandu Tahun 2019 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Dinas Kesehatan Kota Batam Menggelar Penyegaran Kader Posyandu Tahun 2019




BATAM, Infokepri.com – Pemko Batam melalui Dinas Kesehatan Kota Batam menggelar penyegaran  kader posyandu tahun 2019  yang dihadiri 300 perwakilan kader posyandu yang dilaksanakan  di Hotel Harmonie One, Batam Centre, Batam, Kamis, (28/11/2019)

Ke 300 kader posyandu itu merupakan perwakilan dari 12 kecamatan se Kota Batam yang anggota sebanyak 400 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan kegiatan penyegaran posyandu ini, rutin dilaksanakan setiap tahun dengan topik yang berbeda. Tahun ini kita mengangkat program yang mana salah satu menjadi prioritas Kementrian Kesehatan, yaitu Stop Stunting dengan posyandu remaja kita ciptakan generasi sehat berkualitas.

“ Saat ini angka stunting di Indonesia cukup tinggi dan untuk di Batam sendiri stunting kita cukup lumayan bagus, dan kalau bisa nomor satu rendahnya angka stunting,” katanya.

Kegiatan ini selain untuk menyegarkan kader posyandu, para kader juga dibekali dengan stop stunting ini dan mengharapkan mereka berperan ditengah-tengah masyarakat, terutama anak-anak sekolah.

Posyandu remaja baru terbentuk di Kota Batam dan baru ada tujuh (7) titik,  salah satunya berada di Tiban Baru - Sekupang, dengan sasaran anak-anak remaja, terkait masalah edukasi seksual, dan lainnya. Dimana remaja kita saat ini cenderung dengan bermain gadget merokok dan lainnya.

Gangguan pada gadget ini bisa berakibat pada terjadinya gangguan makan, sulitnya untuk konsentrasi, anemia, sehingga prestasi di sekolah menurun, dan kecanduan berat jadi seperti orang sakau, kalau tidak dapat gadget ini, kasusnya sudah ada satu.

 

Ia mengharapkan secara dini menerapkan budaya sehat kepada anak-anak remaja, pemberdayaan remaja dalam dengan pendampingan kegiatan positif remaja, peningkatan pengetahuan dan keterlibatan remaja melalui pemberdayaan posyandu remaja, mendukung kegiatan positif remaja khusunya dibidang kesehatan.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan kegiatan semacam ini tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi, karena semua saling bergantungan. Pembangunan ekonomi harus terus dilaksanakan dan menciptakan perubahan kearah yang lebih baik.

Selain itu, katanya,  kita lagi fokus pembenahan kota ini, biar indah dan modern, dengan pembangunan pelabuhan cargo, pelebaran jalan, pembangunan infrastruktur.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyampaian dari pemateri oleh Anniesa Putri Juwita, SKM, MPH dan Kemistia Eva, SST, terkait  kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan posyandu remaja dan sharing pengalaman pembentukan serta penyelenggaraan posyandu remaja dengan Forum Remaja Sehat (Fres). Dan Peran lintas sektor dalam upaya penurunan stunting melalui pemberian tablet tambah darah remaja putri.

Salah satu narasumber dalam kegiatan ini Pegawai Puskesmas Batu 10, Kemistia Eva, SST mengatakan bahwa baru - baru ini di Tanjungpinang, ada satu kasus peserta didik/pelajar dimana kedapatan sama orang tuannya/wali murid di handphone pelajar tersebut berpose setengah telanjang, dan ketika di telusuri karena ikut - ikutan temannya.

Ini menjadi PR kita bersama untuk mengontrol perilaku remaja, dan selanjutnya mengembangkan bakat potensi yang mereka miliki untuk di kembangkan. (AP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel