Wabup Lingga Menghadiri Pembukaan MTQ Ke VIII Tingkat Kecamatan Singkep Barat Tahun 2020 - Info Kepri

about

about

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Wabup Lingga Menghadiri Pembukaan MTQ Ke VIII Tingkat Kecamatan Singkep Barat Tahun 2020

Share it:


LINGGA, Infokepri.com – Wakil Bupati Lingga M Nizar yang juga Ketua LPTQ Kabupaten Lingga didampingi Ketua GOW Kab Lingga Marathusolihah Nizar menghadiri MTQ ke-VIII tingkat Kecamatan Singkep Barat.

Kegiatan MTQ ke-VIII tingkat Kecamatan Singkep Barat ini dibuka oleh Camat Singkep Barat Febrizal Taupik didampingi istrinya, pada Kamis (6/2/2020) malam di Lapangan Bola Kaki Desa Jagoh Kec Singkep Barat.

Turut hadir dalam pembukaan MTQ ini, Ketua DPRD Kab Lingga Ahmad Nashirudin, Ketua Tim Penggerak PKK Kab Lingga Hj. Heryulita Alias Wello, Kapolsek Singkep Barat Iptu Idris S.E.Sy,M.H, KUA Kecamatan Singkep Barat Dolhaji, SA.g, Danramil 04 Dabo Singkep Kapten ARM Ismarli Koto, Plt. Camat Singkep Agustiar beserta istrinya, Kepala Seksi Ops Satpol PP  Kab. Lingga  Abdul Manaf, Kabid  PBB dan BPHTB Bapenda Kab. Lingga  Munzilin Hasibuan, Kabag Kesra Setda Kab Lingga Jaya Adma Jaria, Sekcam Singkep Barat yang juga Ketua LPTQ Kecamatan Singkep Barat Wirda Ningsih, SP.d, Ka. Puskesmas Raya  dr. Rafika, Ketua Lembaga Adat Melayu Kecamatan Singkep Barat E. Muchtar. E.Abbas, Kepala Desa Se-Kec.Singkep Barat, Babinsa Kelurahan Raya Sertu Mawardi,  BabinKamtibmas Desa Jagoh Briptu Dedi Marzuki, Ketua BPD beserta Anggota Se- Kecamatan Singkep Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan Tamu Undangan sekitar 850 orang.

Camat Singkep Barat Pebrizal Taufik dalam sambutannya mengatakan pada hari ini tepat satu Bulan dirinya melaksanakan tugas sebagai Camat namun sudah beberapa giat yang telah dilaksanakan seperti Musrenbang dan MTQ ini.

Ia juga menyebutkan selama menjabat sebagai Camat Singkep Barat, pihaknya telah melakukan perbaikan Jalan, Pembersihan  badan Jalan dan penimbunan jalan berlobang sepajang 14 Km, tanpa mengunakan dana APBD serta perbaikan Jembatan yang rusak di Desa Sei Raya.

“ Kegiatan yang telah dilaksanakan merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi Kami untuk dapat berhimpun bersama para Qori dan Qoriah, Hafiz dan Hafizah terbaik serta para Kafilah dari seluruh Desa dan Kelurahan Se- Kecamatan Singkep Barat,” katanya.

Beliau menghimbau agar MTQ ini benar benar dijadikan filter berbagai dampak negatip kemajuan tehnologi yang tidak selaras dengan Al Qu'ran dan menjadi pondasi untuk generasi muda melakukan perubahan kearah yang lebih baik.

“ Al - Qu'ran merupakan Kitap suci yang syarat dengan Inspirasi dan motipasi agar umat manusia dapat memperluas wawasan, memperdalam ilmu pengetahuan serta menyempurnakan ahlak,” katanya.

 

Beliau mengakui bahwa sebenarnya Desa Jagoh belum siap melaksanakan kegiatan ini karena keterbatasan sarana dan prasarana yang tidak memadai namun berdasarkan hasil musyawarah masyarakat yang baik ahirnya Desa Jagoh siap melaksanakan acara ini.

“ Saya memberikan apresiasi setinggi - tingginya kepada seluruh Kepala Desa dan juga Lurah yang telah membantu terlaksannya acara ini,” katanya.

Ketua Panitia Wirda Ningsih yang juga Ketua LPTQ Kecamatan Singkep Barat dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi sehingga kegiatan MTQ ini dapat berlangsung dengan sukses.

“ Pelaksanaan MTQ ini berdasarkan  Surat Keputusan Camat Singkep  nomor :005/KPTS-CSB/I/2020 tanggal 20 Januari 2020 tentang pembentukan Panitia Pelaksana MTQ Ke-IV tingkat Kecamatan Singkep Barat tahun 2020 dan hasil rapat tanggal 16 Januari 2020 tentang persiapan MTQ Kecamatan Singkep Barat,” katanya.

Kegiatan MTQ ini mengusung thema " Implementasi Nilai nilai Al-Qu'ran Dalam Membangun Masyarakat Lingga yang Relegius , Rukun Damai dan Sejahtera."

Adapun maksud menyelenggarakan kegiatan MTQ ini, katanya,  berdasarkan arahan Ketua Umum LPTQ  Kab Lingga yaitu untuk mensukseskan MTQ tingkat Provinsi Kepri tahun 2020.

Sementara itu,  Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar S.sos dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasis Camat Singkep Barat yang baru bertugas satu bulan namun sudah berbuat yang terbaik untuk Kecamatan Singkep Barat.

Wabup Lingga juga menyebutkan bahwa banyak sekali Qori dan Qoriah dari Kecamatan Singkep Barat,  yang handal dan berhasil di ajang MTQ diberbagai tingkat.  Namun perlu juga kami sampaikan dengan pengaruh kemajuan Zaman  kita juga harus sama - sama mengontrol perilaku dan sifat anak - anak kita agar jangan sampai dengan kemajuan tehnologi  justru anak anak kita salah memanfaatkannya. Oleh karena itu perlu kita bentengi salah satunya dengan selalu mengamalkan Al Quran.

“ Tujuan MTQ ini digelar salah satu tujuannya  adalah untuk menciptakan Qori dan Qoriah yang berprestasi, di Kecamatan Singkep Barat banyak guru guru yang hebat yang diharapkan dapat menghasilkan Qori dan Qoriah terbaik,” katanya.

Beliau juga mengharapkan Camat Singkep Barat dapat menghimbau kepada anak anak didik kita agar dapat meramaikan kegiatan MTQ ini, kegiatan MTQ ini salah satu kegiatan mensyiarkan Al Quran kepada anak - anak kita.

“ Kepada seluruh kafilah yang ikut dalam kegiatan ini kami ucapkan selamat bertanding semoga dapat meraih prestasi yang terbaik,” katanya.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan beduk tanda dimulainya acara MTQ ke VIII Kecamatan Singkep Barat yang dilakukan oleh Camat Singkep Barat,  Febrizal Taupik Bersama Wabup Lingga, M Nizar dan unsur Forum Pimpinan Kecamatan dan tokoh masyarakat.

Waktu pelaksanaan MTQ ini dari tanggal 6 Februari sampai dengan 11 Februari 2020. Adapaun peserta dan cabang yang dilombakan adalah  :
1. Cabang Tartil Qur'an    = 24 peserta
2. Tilawah Anak anak        = 21 peserta
3. Tilawah Remaja        = 22 peserta
4. Tilawah Dewasa        = 12 peserta
5. Tahfiz 1 juz            = 11 peserta
6. Tahfiz 5 juz            =  8  peserta
7. Cabang Sharhil                = 13 Peserta
8. Cabang Khatt        = 39 peserta

(Humas Pemkab Lingga/ Syaf)
Share it:

Infokepri

kepri

Lingga

Post A Comment:

0 comments: