Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Wabup Sergai Apresiasi Jatiramdo - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Wabup Sergai Apresiasi Jatiramdo



SERGAI, Infokepri.com – “ Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) agar hidup lebih sejahtera, saya sangat mendukung penuh kegiatan UMKM yang dilakukan oleh masyarakat, khususnya Kelompok Jamur Tiram Domas (Jatiramdo) yang ada di Desa Blok 10, Kecamatan Dolok Masihul,” kata Wakil Bupati (Wabup) Sergai H Darma Wijaya saat ditemui disela-sela rutinitasnya di Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa, (28/7/2020).

Lebih lanjut Wabup Sergai mengatakan banyak hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mendongkrak perekonomian guna meningkatkan kemakmuran masyarakat, salah satunya dengan UMKM.

“ Sangat luar biasa, saya sangat bangga kepada Kelompok Jatiramdo khususnya kepada Edi Perianto, atas kerja kerasnya membangun budidaya jamur tiram di wilayah Dolok Masihul. Selain budidaya, saya juga melihat keberhasilannya membuat tempat pelatihan budidaya jamur dan menjual benih jamur atau Baglog siap pakai,” kata Wabup Sergai yang sudah melakukan kunjungan ke Kelompok Jatiramdo, Sabtu (25/7/2020) lalu.

Wabup Darma Wijaya menyebutkan Kelompok Jatiramdo ini merupakan salah satu bentuk usaha yang dapat diandalkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“ Selain kreativitas dan inovasi, budidaya jamur tiram sebagai upaya dalam menjaga ketahanan pangan di Tanah Bertuah Negeri Beradat,” katanya.

“ Ini keren sekali, jika saja anak muda seperti Saudara Edi Parianto mau mengembangkan kreativitasnya, maka Sergai akan sangat makmur dan sejahtera. Oleh karenanya , sangat wajar jika kita mengapresiasi Kelompok Jatiramdo yang telah berhasil mengembangkan budidaya jamur tiram di tengah masyarakat Sergai,” katanya menambahkan.

Wabup Sergai menambahkan saat ini pandemi Covid-19 di Sergai belum usai, oleh karenanya diharapkan agar kelompok-kelompok UMKM dimasyarakat dapat lebih dikembangkan, untuk dapat membantu masyarakat  hidup sejahtera, juga sehat dan menjadi peluang usaha terbaik di Indonesia khususnya di daerah kita tercinta ini.



Dikisahkan oleh Wabup Sergai, bahwa Kelompok Jatiramdo binaan Edi Perianto terbentuk dari tahun 2013, Ia memulai mendirikan wirausaha budidaya Jamur Tiram, dengan inspirasi segi bisnis Jamur sangat menguntungkan, sebab memiliki harga jual yang cukup tinggi, dan permintaan pasar akan jamur terus meningkat serta waktu panennya singkat, sehingga perputaran modalnya dapat berlangsung cepat.

Edi Parianto menyebut, terkait bahan dasar untuk membudidayakan jamur ini pun mudah didapatkan karena menggunakan serbuk gergajian kayu. Sedangkan peluang pasarnya sendiri masih terbuka lebar asal kita jeli dalam melihat pasar, kata Wabup Sergai seperti keterangan yang disampaikan Ketua Jatiramdo Edi Parianto. (Bon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel