Gelar Rapat SAKIP, Bupati Sergai : Fokuskan Pada Outcome, Bukan Output - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Gelar Rapat SAKIP, Bupati Sergai : Fokuskan Pada Outcome, Bukan Output

 

SERGAI, Infokepri.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menghadiri  Rapat Kerja Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (11/08/2020).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekdakab, Bupati Sergai menyebutkan implementasi SAKIP sejalan dengan arahan Presiden pada berbagai kesempatan yang menyampaikan bahwa instansi pemerintah harus berorientasi pada outcome, bukan lagi output.

“Melalui SAKIP, Pemerintah Daerah fokus pada pencapaian prioritas pembangunan daerah melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, efisien, serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala,” sebutnya.

Bupati memberitahukan bahwa hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2019, Kabupaten Sergai masih memperoleh nilai 64,32 dan diganjar predikat  B.

“Selanjutnya kita harapkan nilai akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Kabupaten Sergai meningkat menjadi BB sesuai dengan target RPJMD. Sehingga dibutuhkan kerjasama kita semua untuk mewujudkannya,” sebutnya.

Namun di tengah kondisi pandemi Covid-19, Bupati Sergai mengatakan perencanaan dan penganggaran mengalami perubahan. Ia menambahkan, perubahan perencanaan harus tetap memperhatikan indikator kinerja utama atau IKU perangkat daerah.

“Perubahan penganggaran (refocusing) dengan menghilangkan kegiatan-kegiatan yang kurang mendukung sesuai dengan cascading, dan pemanfaatan hasil refocusing untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, serta pemulihan ekonomi. Oleh karena itu, menghadapi evaluasi SAKIP tahun ini agar kita lebih difokuskan terhadap strategi perubahan perencanaan dan refocusing anggaran terkait dengan kondisi pandemi Covid-19. Untuk itu saya mengajak saudara untuk mempersiapkan bahan evaluasi  dengan sebaik-baiknya,” pungkas Bupati seperti yang disampaikan Sekdakab.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisiten III Hj. Irwani Jamila, para Kepala OPD dan Para Kasubbag Perencanaan. (Bon) 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel