Memasuki Masa Kampanye, Bawaslu Lingga Harapkan ASN Wajib Netral - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Memasuki Masa Kampanye, Bawaslu Lingga Harapkan ASN Wajib Netral

 


LINGGA, Infokepri.com - Memasuki masa tahapan kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lingga pada Sabtu (26/9/2020) sebagaimana yang termuat dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal, Ketua Bawaslu Kabupaten Lingga, Zamroni, S.H., M.M mengingatkan Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lingga untuk tidak berpihak kepada Pasangan Calon 

“Masa kampanye ini sangat rentan sekali terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh ASN. ASN dalam aturan hukum positif kita tidak diperkenankan ikut serta dalam kampanye dan menunjukkan dukungan terhadap salah satu pasangan calon. Bentuk dukungan bisa dalam bentuk berfoto dengan pasangan calon, memposting foto calon, memberikan komentar atau tanda suka pada unggahan tim kampanye,” terang Zamroni pada Jum’at (23/09/2020).

Zamroni menjelaskan, netralitas ASN merupakan potensi pelanggaran yang sering terjadi sehingga menjadi salah satu fokus pengawasan Bawaslu Kabupaten Lingga.

"Pada Pemilu 2019 yang lalu, Bawaslu Lingga telah merekomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara untuk 2 (dua) orang ASN yang terbukti dengan sengaja menunjukkan keberpihakan kepada peserta pemilu. Walaupun ASN memiliki hak politik, sebaiknya digunakan dibilik suara saja pada 9 Desember mendatang," ujarnya.

Bawaslu Kabupaten Lingga diketahui telah mempersiapkan secara instensif baik melalui serangkaian konsulidasi maupun koordinasi dengan para pihak untuk keberhasilan Pilkada di Kabupaten Lingga.

“Para Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lingga yang telah ditetapkan oleh KPU untuk berkampanye secara santun, hindari Politik uang, kampanye negative dan tetap menjaga netralitas pegawai negeri sipil untuk tidak dilibatkan dalam kampanye,” kata Zamroni.(Syaf)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel