Pasaman Barat Akan Menggelar Pemilihan Walinagari Secara Serentak Bulan Juli 2021 Ini - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pasaman Barat Akan Menggelar Pemilihan Walinagari Secara Serentak Bulan Juli 2021 Ini

 

Pasaman Barat Akan Menggelar Pemilihan Walinagari Secara Serentak Bulan Juli 2021 Ini
Fhoto : Istimewa

PASAMAN BARAT, Infokepri.com - Pemilihan Walinagari (Pilwana) akan digelar Pemkab Pasaman Barat secara serentak pada bulan Juli 2020 mendatang. 

Kepala Bagian Pemerintahan Nagari Jon Wilmar saat ditemui sejumlah awak media belum lama ini mengatakan Pilwana dilakukan lantaran seluruh masa jabatan Walinagari di Pasaman Barat telah berakhir. 

“ Saat ini kepala pemerintahan Nagari di kepalai oleh pejabat Walinagari yang ditunjuk oleh Pemerintah Daerah untuk itu perlu dilakukan Pilwana,” kata jon Wilmar.

Di Pasaman Barat, katanya, ada 19 pemerintahanan Nagari, saat ini semuanya dipimpin oleh pejabat Walinagari (Pj), untuk itu perlu dilaksanakan Pilwana kalua tidak dibulan Juli atau bulan Agustus 2021 dan persiapan dari segi anggaran pun sudah dipersiapkan.

Menurutnya anggaran persiapan itu disediakan mulai dari tingkat Kabupaten sampai tingkat Nagari. Untuk ditingkat Kabupaten seputar sosialisasi Pilwana.

Kemudian Undang-Undang Pilwana, regulasi,  peninjauan, sosialisasi Perda Pilwana kepada calon Walinagari. Sedangkan untuk dinagari anggaran juga telah dipersiapkan.

Dalam Pilwana mendatang akan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, baik di tempat pemungutan suara (TPS) maupun saat sosialisasi dinagari.

“ Menjelang Pilwana yang digelar secara serentak mendatang sudah banyak nama-nama calon Walinagari yang mulai bermunculan baik nama lama maupun pendatang baru,” katanya.

Ia menyebutkan hal yang paling lebih penting bagaimana menjaga masyarakat, agar tidak terpecah belah karena Pilwana ini.

“ Calonkan sudah muncul, saya sarankan untuk menjaga ketertiban. Setiap calon, harus bisa menjaga ketertiban dan keamanan selama Pilwana. Jangan karena Pilwana masyarakat menjadi terkotak-katik karena beda dukungan,” tegasnya.

Ia menjelaskan ke 19 Pemeritahan Nagari di Pasaman Barat yakni Nagari Kinali, Nagari Koto Baru, Nagari Kapa, Nagari Sasak, Nagari Lingkuang Aua, Nagari Aia Gadang, Aia Gadang, Nagari Aua Kuniang.

Kemudian Nagari Kajai, Nagari Talu, Nagari Sinuruik, Nagari Muara Kiawai, Nagari Rabi Jonggor, Nagari Sungai Aua, Nagari Ujunggading, Nagari Parit, Nagari Batahan, Nagari Desa Baru, dan Nagari Air Bangis.

(pdp)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel