Sekdakab Natuna Hibahkan Tanah Untuk Bangun KPP SAR Natuna - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Sekdakab Natuna Hibahkan Tanah Untuk Bangun KPP SAR Natuna

Sekdakab Natuna Hibahkan Tanah Untuk Bangun KPP SAR Natuna
Share it:

 


NATUNA, Infokepri.com - Bertempat di Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) SAR Natuna, Senin (01/02/2021), Pemerintah Kabupaten Natuna, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Natuna Hendra Kusuma, menghibahkan sebidang tanah dan meminjamkan aset bangunan kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) SAR Natuna.

Tanah yang dihibahkan tersebut seluas 2.300 meter persegi (m2) yang berlokasi di belakang KPP SAR Natuna. Sementara satu unit aset bangunan yang dipinjamkan berada di Kecamatan Pulau Laut, yang nantinya bakal dijadikan Pos Unit Siaga SAR.

Sekdakab Natuna Hibahkan Tanah Untuk Bangun KPP SAR Natuna


Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Hendra Kusuma dalam acara penyerahan hibah dan penandatanganan aset tersebut mengatakan bahwa ini semua dilakukan sebagai wujud apresiasi dan dukungan Pemkab Natuna kepada Basarnas.

"Tanah yang kita hibahkan berada langsung di belakang kantor SAR, sedangkan aset bangunan yang kita pinjamkan merupakan eks UPTD Kantor Perikanan yang berada di Kecamatan Pulau Laut," ucap Hendra.

Ia berharap kedepannya bukan hanya di Kecamatan Pulau Laut saja, namun di tiap-tiap Kecamatan se-Kabupaten Natuna agar bisa dibentuk Kantor Unit Siaga SAR.

"Hal ini mengingat Natuna merupakan daerah kepulauan dan rawan terjadinya kasus kecelakaan laut, terlebih hampir mayoritas penduduk di Natuna bermata pencaharian sebagai nelayan," katanya.

Sekdakab Natuna Hibahkan Tanah Untuk Bangun KPP SAR Natuna


Sementara itu, Kepala KPP SAR Natuna, Mexianus Bekabel mengatakan, kedepan pihaknya berencana untuk membentuk Unit Siaga SAR di beberapa kecamatan lain seperti, Midai, Subi, dan Serasan.

"Saat ini untuk di luar Ibu Kota Kabupaten Natuna memang baru di Kecamatan Pulau Laut saja yang baru dibentuk. Kedepannya akan kita bentuk juga di kecamatan-kecamatan lain," ujar Mexi.

Ia menambahkan, untuk saat ini pihak KPP SAR Natuna masih kekurangan jumlah personil dan peralatan. Sehingga untuk di Pos Siaga SAR Pulau Laut sendiri hanya ada dua orang personil dan sebuah perahu karet sebagai alat operasional saat bertugas.

"Sementara tugas Unit Siaga SAR yang berada di Pulau Laut hanya sebatas pemantauan. Jika terjadi kecelakaan laut ataupun informasi kapal hilang, mereka harus berkordinasi dengan KPP SAR yang berada di Kota Ranai," tutur Mexi.

Dia pun tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Natuna yang telah mendukung pihaknya melalui hibah tanah dan bangunan. Harapannya dengan adanya unit-unit siaga SAR tersebut bisa lebih meningkatkan kinerja Basarnas dalam membantu dan menolong masyarakat. (Nard).


Share it:

Natuna

Post A Comment: