Nevi Zuairina Gelar Temu Ramah Dengan Forum UMKM Pasbar - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Nevi Zuairina Gelar Temu Ramah Dengan Forum UMKM Pasbar

 

Nevi Zuairina Gelar Temu Ramah Dengan Forum UMKM Pasbar


PASAMAN BARAT, Infokepri.com – Ketua Forum UMKM Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang juga anggota DPR RI Nevi Zuairina melakukan kegiatan temu ramah dengan forum UMKM Pasaman Barat (Pasbar) di Aula kantor bupati Pasaman Barat, Sabtu (3/4/2021).

Pada kesempatan itu Nevi Zuarina mengatakan pelaku UMKM harus punya jiwa pejuang, pantang menyerah hingga produk yang diproduksi bisa dipasarkan. 

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Ketua Dekranasda Pasbar Titi Hamsuardi, Ketua Komisi IV DPRD Pasbar Andriwilza, Ketua forum UMKM Pasbar Ade Media Saputra, dan Kabid Promosi dan Pemasaran Dinas Koperasi dan UKM. 

Dalam sambutannya Nevi Zuairina menegaskan, untuk menjadi pelaku UMKM harus bermental baja, pantang mundur jika belum berhasil. Namun, hal tersebut perlu dukungan dari semua pihak agar tetap kuat dan munculnya solusi-solusi jika mengalami kendala.

"Pelaku usaha harus punya managemen yang jelas, sehingga tidak mencampur antara modal dengan penjualan. Pelaku usaha harus punya pangsa pasar. Kemanakah produk akan dipasarkan, hal itu harus kita pikirkan. Pelaku usaha harus punya komunitas, yang nantinya bisa bertukar informasi, bertukar pikiran sehingga menemukan jawaban dari permasalahan. Selain itu, di zaman sekarang ini pelaku usaha harus membuat situs penjualan online," kata Nevi Zuairina.

Saat ini, lanjutnya ada bantuan untuk pelaku usaha pemula atau milenial untuk tamatan SMA atau lulusan S1 dari Kementerian Koperasi dan UKM dengan modal 10-15 juta rupiah yang sudah berusaha 6 bulan dan bisa diajukan proposalnya.

"Karena anggaran terbatas, jatahnya mungkin dikurangi. Namun, kita akan usahkan untuk Pasbar,"ujar Nevi Zuairina.

Ia juga meminta kepada Pemerintah Daerah Pasbar atau ketua Dekranasda untuk menyediakan tempat promosi produk atau galeri UMKM di Pasbar. 

Sementara itu, menanggapi hal tersebut Ketua Dekranasda Pasbar Titi Hamsuardi, mengatakan saat ini Pasbar belum memiliki galeri UMKM tempat memasarkan produk UMKM tersebut. Ia akan berusaha untuk membuat galeri di Pasbar sehingga semua produk UMKM bisa diletakkan di sana.

"Kita akan coba membuat itu, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Fotum UMKM Sumbar Buk Nevi Zuairina, bahwa galeri manfaat nya besar untuk pelaku UMKM. Begitu juga harapan Ketua Forum UMKM Pasbar Ade Media Saputra, bahwa galeri ini tempat berkumpulnya nanti produk - produk UMKM di sana, mulai dari kuliner, kerajinan hingga tanaman hias,"ucap Titi Hamsuardi.      (pdp)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel