KSAU Resmikan Skadron Udara 52, Denhanud 475, 476 dan 477 Paskhas Lanud Raden Sadjad - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

KSAU Resmikan Skadron Udara 52, Denhanud 475, 476 dan 477 Paskhas Lanud Raden Sadjad

KSAU Resmikan Skadron Udara 52, Denhanud 475, 476 dan 477 Paskhas Lanud Raden Sadjad
KASAU  Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE, M.P.P, Didampingi Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, SE, dan Bupati Natuna Wan Siswandi, S.Sos, M.Si, Saat Memberikan Pengarahan, (22/10/2021) (Fhoto : Bernard Simatupang).


NATUNA,  Infokepri.com - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E, M.P.P  meresmikan Skadron Udara 52, Denhanud 475, 476 dan 477 Paskhas Lanud Raden Sadjad di Mako Denhanud Ranai, Kabupaten Natuna, Jumat (22/10/2021).

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam amanatnya menyampaikan, peresmian 4 (empat) satuan secara serentak ini merupakan bagian dari upaya pembangunan kekuatan TNI Angkatan Udara khususnya dalam pengembangan dan validasi organisasi agar terwujud satuan dan sistem kerja semakin efektif dan efisien dalam memastikan terlindunginya kedaulatan negara di udara.

"Secara khusus sebagaimana tertuang dalam Perkasau Nomor 56 Tahun 2021 dan Perkasau Nomor 30 Tahun 2019, maka satuan Skadron Udara 52, Detasemen Pertahanan Udara 475, 476 dan 477 terhitung sejak hari ini secara resmi dinyatakan mulai beroperasi," ujar Kasau Fadjar Prasetyo.

Sebagai negara kepulauan yang sangat luas, jelas Kasau, Indonesia menghubungkan dua benua dan dua samudra sehingga memberikan wilayah sangat strategis bagi pelayaran dan penerbangan dunia terlebih lagi dengan kandungan sumber daya alam di dalamnya, wilayah ini pun menjadi area sangat menjanjikan, namun beresiko mengundang ancaman dari pihak lain.

"Sebagai negara yang cinta damai dan menganut prinsip bebas aktif, tentu kita tidak mengharapkan terjadinya konflik. Akan tetapi kita juga harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi untuk memastikan dan melindungi kedaulatan bangsa dan negara," tegasnya.

Lebih lanjut Kasau mengatakan, empat satuan yang di resmikan hari ini, berperan turut membantu memperkuat jajaran TNI dan TNI Angkatan Udara di wilayah sekitar untuk mengamati dan melindungi ruang udara kita dari berbagai kemungkinan ancaman dan serangan yang datang khususnya dari udara.

Skadron Udara 52 yang berada di bawah Komando Operasi Angkatan Udara 1 serta Detasemen Pertahanan Udara 475, 476, dan 477 yang berada di bawah komando Korpaskhas akan melaksanakan berbagai tugas yang mulia tersebut baik dengan memberikan perlindungan udara maupun melaksanakan pengamatan di udara serta berbagai tugas lain yang diamanahkan kepadanya.

TNI Angkatan Udara senantiasa siap dan tidak akan pernah gentar dalam melaksanakan tugas menjaga kedaulatan negara di udara sebagai bukti komitmen untuk mewujudkan Angkatan Udara yang disegani di kawasan yang akan terus dijalankan secara bertahap dan berkelanjutan.

Selanjutnya, Kasau mengucapkan selamat kepada para perwira yang diberi amanah sebagai komandan pertama dari satuan yang baru saja diresmikan yaitu Komandan Skadron Udara 52 Natuna Letkol Pnb Dion Aridito, ST, Komandan Denhanud 475 Paskhas Pekanbaru Letkol Pas Tatag Wicaksono, M.Han, Komandan Denhanud 476 Paskhas Iswahjudi Letkol Pas Habib Yuwono Prasetya, dan Komandan Denhanud 477 Paskhas Natuna Letkol Pas Frian Alfa Risdar, S.M, M.I.Pol.

Ini sebuah tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan, amanah yang dipercayakan kepada saudara dengan latar belakang kemampuan yang dimiliki, saya yakin para komandan mampu memimpin satuan ini dengan baik, aman dan lancar.

"Untuk itu, jagalah kepercayaan dan amanah ini dengan sebaik-baiknya, utamakan keselamatan dalam setiap tugas, serta rawatlah berbagai sarana dan prasarana khususnya alutsista dengan penuh kehormatan dan rasa tanggung jawab,"  pungkasnya.

Mengakhiri acara ditandai dengan penandatanganan Prasasti dan  pengguntingan pita peresmian Markas Komando Denhanud 477 Paskhas TNI AU Raden Sadjad Ranai oleh KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E, M.P.P.

Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad SE, MM, Bupati Natuna Wan Siswandi S.Sos, M.Si, Pangkogabwilhan I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak SH, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramos Manalu S.Hub.Int, Kapolda Kepri Irjen Pol Dr Aris Budiman M.Si, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan SH, MH, Kajati Kepri Hari Setiyono SH, MH, Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Haris Bima Bayu Seto S.E, M.Si, Kepala Zona Kamla Maritim Barat Laksma TNI Hadi Pranoto, S.Sos, M.Si, Kabinda Kepri Brigjen Pol Riza Celvin Gumay, Danlanud RHF Kolonel Pnb Agustinus Donie Prihandono, SE, Staf khusus Gubernur Sarafuddin Aluan, SH.MH, Kadis Perhubungan Prov Kepri Junaidi, SE.MH, Kepala Biro Humpro Prov Kepri Hasan S.Sos, Kepala Biro Umum Setda Prov Kepri Abdullah, Kabag Protokol Aludin Andi SE.MM. (Nard).

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel