Tiga Pulau di Batam, Gubernur Kepri Resmikan Pemakaian Genset dan Jaringan Listrik - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Tiga Pulau di Batam, Gubernur Kepri Resmikan Pemakaian Genset dan Jaringan Listrik

Tiga Pulau di Batam, Gubernur Kepri Resmikan Pemakaian Genset  dan Jaringan Listrik
Suasana Kegiatan

KEPRI, Infokepri.com - Dalam mewujudkan ‘Kepri Terang’. Sebanyak tiga pulau di Kecamatan Belakang Padang, Batam, yakni di  Pulau Lengkang, Pulau \Gare dan Pulau Labon, mendapat bantuan genset beserta jaringan Listrik dari Pemprov Kepri melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Program Kepri Terang memang telah kita gagas. Maka sekarang saya sedang gencar melengkapi kebutuhan dasar masyarakat terutama kebutuhan akan listrik," kata  Gubernur Kepri, H.Ansar Ahmad.

Hal tersebut disampaikannya saat datang langsung meresmikan pemakaian genset dan jaringan listrik, di Pulau Lengkang Kelurahan Sekanak Raya, Kecamatan Belakang Padang, Batam - Kepri (15/11/21).

Lanjutnya, Kedepan operasional genset dan jaringan listrik yang saat ini dikelola oleh Pemprov Kepri akan dikerjasamakan bersama PLN dalam bentuk Kerja Sama Operasional (KSO).

"Jika sudah di KSO kan dengan PLN, biasanya listrik dapat beroperasi selama 14 jam dari yang sekarang hanya 6 jam. Dari segi biaya juga pasti lebih murah. Kemudian nantinya untuk pembiayaan penyambungan baru akan diupayakan melalui dana CSR," terangnya.

Kegiatan Dinas ESDM dari APBD tahun 2021, merupakan lanjutan kegiatan tahun 2020. Untuk jumlah rumah di tiga pulau yang terlayani dari pemakaian genset, dengan rincian:
Pulau Lengkang, genset kapasitas 100 kVA dengan jaringan berjumlah 185 rumah tangga,
Pulau Gare, genset kapasitas 50 kVA dengan jaringan  berjumlah 68 rumah tangga,
Pulau Labon, genset kapasitas 20 kVA dengan jaringan berjumlah 43 rumah tangga.

Melalui program Kepri Terang, memang sudah ribuan rumah yang teraliri listrik di seluruh Kepri. Dengan kerja sama dengan PLN serta penyambungan baru melalui dana CSR dari berbagai perusahaan di Kepri.

Selain itu, untuk Tahun Anggaran 2022, Pemprov sudah menganggarkan Rp 3 Miliar untuk mengaliri listrik di 8 pulau dengan penduduk besar di Batam, PLN juga akan membantu di 3 pulau.

"Jadi ada total 11 pulau yang akan di KSO kan dengan PLN. Harapan kita adalah semua pulau dapat dilayani PLN supaya pembiayaan lebih murah dan pelayanan lebih baik," tutup Gubernur Kepri.

Turut hadir pada kegiatan, Pj. Sekdaprov, Ketua Komisi IV DPRD Kepri, Staf Khusus Gubernur, Kadis ESDM, Kabiro Humas, Protokol, dan Penghubung Hasan, Sekretaris Camat Belakang Padang, dan Lurah Sekanak Raya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel