Lantik Lima PAC HIPMIKINDO, Gubernur Ansar Harapkan Dapat Membuat Pelaku UMKM Mapan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Lantik Lima PAC HIPMIKINDO, Gubernur Ansar Harapkan Dapat Membuat Pelaku UMKM Mapan

Lantik Lima PAC HIPMIKINDO, Gubernur Ansar Harapkan Dapat Membuat Pelaku UMKM Mapan

Lantik Lima PAC HIPMIKINDO, Gubernur Ansar Minta Dapat Membuat Pelaku UMKM Mapan
Gubernur Kepri H Ansar Ahmad (Tengah) dan Bupati Karimun, Aunur Rafiq Fhoto Bersama Dengan Pengurus PAC HIPMIKINDO di Gedung Nasional, Kabupaten Karimun, Sabtu (4/12/2021) (Fhoto : James)


KARIMUN, Infokepri.com – Bertempat di Gedung Nasional, Kabupaten Karimun, Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad melantik lima PAC Himpunan Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKINDO) masa bakti 2021-2026, Sabtu (4/12/2021).

Adapun lima PAC yang dilantik itu diantaranya, PAC Kecamatan Karimun, kecamatan Meral, Kecamatan Tebing, Kecamatan Meral Barat dan Kecamatan Belat.

Dalam sambutannya Gubernur H Ansar Ahmad mengatakan dirinya bersama Wakil Gubernur Hj. Marlin Agustina berupaya memulihkan perekonomian Kepri dengan cara memberdayakan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM).

“ Hal itu kami lakukan karena UMKM dinilai memang menjadi sektor real industri yang bisa menjadi tolok ukur maju atau mundurnya perekonomian daerah,” kata Gubernur Ansar.

Ia mengharapkan dengan dilantiknya PAC HIPMIKINDO di 5 kecamatan di Karimun dapat memaksimalkan peran UMKM serta dapat mempermudah untuk berkoordinasi dan kolaborasi, agar pelaku UMKM dapat mapan, siap bersaing, profesional dan sehat.

“ Dengan dilantiknya HIPMIKINDO di 5 kecamatan di Karimun ini menjadi semangat baru bagi para pelaku UMKM yang ada. Terutama dalam upaya mewujudkan UMKM yang terlatih, terkoordinir dan lebih maju lagi. Sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera,” kata Gubernur Ansar.
 
Gubernur Ansar yakin dengan dilantiknya pengurus PAC HIPMIKINDO ini merupakan pertanda awal kebangkitan UMKM di Karimun ke depannya.

Menurutnya, UMKM merupakan  penopang ekonomi utama di Indonesia di sektor kerakyatan. Bahkan UMKM adalah penyumbang terbesar bagi PDRB setiap tahunnya, dengan total sekitar Rp 64,2 juta UMKM di Indonesia.

"UMKM ini diistilahkan dengan 'sleeping giant'. Jika dikembangkan akan menjadi sektor penggerak perekonomian yang luar biasa. Dan melalui HIPMIKINDO kita berharap UMKM ini bisa bangkit atau dibangkitkan lagi," ujar Ansar. 

Ansar juga menyebut kontribusi UMKM di Indonesia sangat luar biasa dalam penyerapan tenaga kerja, karena mampu menyerap hingga 97 persen dari total tenaga kerja yang ada.

UMKM diharapkan mampu menjaga peluang dan selalu mengikuti perkembangan, terutama dalam hal upaya memasarkan produk yang dimiliki yakni dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi di era industri 4.0 ini.

"Kembangkan diri terus, jangan mau ketinggalan. Di era industri 4.0 ini kita semua harus pandai menyesuaikan diri agar bisa bertahan dan bahkan berkembang," katanya. 

Dipenghujung sambutannya, Gubernur Ansar mengingatkan kepada para pelaku UMKM agar memanfaatkan layanan pinjaman lunak di Bank Riau Kepri berupa pinjaman dengan bunga 0 persen. Atau semua bunga akan ditanggung Pemprov Kepri.

Kegiatan ini juga dihadiri Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq yang juga memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM agar tetap aktif, kreatif dan inovatif sehingga bisa bangkit dari keterpurukan dibidang perekonomian akibat Covid-19. (Mes)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

>

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel