Wagub Kepri Didapuk Jadi Keynote Speaker, "Ekonomi Syariah Perlu Terus Didorong" - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Wagub Kepri Didapuk Jadi Keynote Speaker, "Ekonomi Syariah Perlu Terus Didorong"

Wagub Kepri Didapuk Jadi Keynote Speaker, "Ekonomi Syariah Perlu Terus Didorong"

Wagub Kepri Didapuk Jadi Keynote Speaker, Ekonomi Syariah Perlu Terus Didorong
Wagub Kepri Memberikan Kuliah Umum

BATAM, Infokepri.com - Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Wagub Kepri), Hj.Marlin Agustina menyampaikan bahwa pengembangan ekonomi syariah perlu terus didukung dan didorong berbagai pihak. Untuk itu, sektor wisata halal juga bisa semakin berkembang di Kepri dan dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Global Islamic Economy Report mendata bahwa perputaran uang dari wisata halal dunia semakin tahun terus meningkat. Dari 177 Miliar Dolar pada tahun 2017, diperkirakan tumbuh menjadi 274 Miliar Dolar di tahun 2023. Potensi ini pun disambut berbagai negara seperti Jepang, Taiwan dan Korea Selatan untuk mengembangkan wisata halal.

"Kita harus memanfaatkan potensi dan peluang itu. Apalagi pintu wisata mulai dibuka dan diperkirakan akan bangkit setelah pandemi berakhir," katanya usai menjadi Keynote Speaker Kuliah Umum TA 2021/2022, Senin malam, (7/2). 

Kuliah Umun tersebut, menghadirkan TGB Dr. H. Muhammad Zainul Majdi. Wakil Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia, bertemakan Membangun Ekosistel Ekonomi Syariah, di Kampus STAI Ibnu Sina, Batam - Kepri.

Lanjutnya, ekosistem ekonomi syariah di Provinsi Kepri akan terus tumbuh. Potensi untuk semakin berkembang itu di antaranya jumlah penduduk muslim yang besar, pariwisata dan industri halal.

"Ekosistem ekonomi syariah yang terus tumbuh ini, akan meningkat pertumbuhan ekonomi di Kepri. Muara dari semua itu adalah dampaknya bagi kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Saat ini, Kepri pun terus berikhtiar melepaskan diri dari jerat pandemi Covid - 19. Capaian vaksinasi Kepri termasuk yang terbaik. Bahkan kini sudah semaki besar suntikan dosis ketiga atau booster. Masyarakat pun ikut mendukung ikhtiar tersebut, termasuk berdisiplin dengan protokol kesehatan. 

Kesehatan yang semakin pulih membuat ekonomi Kepri akan cepat bangkit. Bangkitnya ekonomi Kepri memang terlibat dari pertumbuhan ekonomi Kepri pada triwulan IV tahun 2021.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri yang mencatat bahwa ekonomi Kepri triwulan IV 2021 (year on year) tumbuh sebesar 5,27 persen. Dan menjadi penanda ekonomi terus bangkit walau dua tahun dilanda pandemi. 

“Secara komulatif tahun 2021, ekonomi kita tumbuh 3,43 persen. Angka itu menjadi penyemangat kita bahwa ekonomi Kepri terus pulih dah semakin bangkit. Semoga saja di tahun ini pertumbuhan semakin tinggi," tutup Wagub Kepri. (rdk)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

>

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel