Pimpin Upacara HKN, Bupati Surya : Generasi Muda Saat Harus Menguasai Kompetensi dan Literasi Digital - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Pimpin Upacara HKN,  Bupati Surya  : Generasi Muda Saat Harus Menguasai Kompetensi dan Literasi Digital

Pimpin Upacara HKN, Bupati Surya : Generasi Muda Saat Harus Menguasai Kompetensi dan Literasi Digital

 

Pimpin Upacara HKN,  Bupati Surya  : Generasi Muda Saat Harus Menguasai Kompetensi dan Literasi Digital
Bupati Asahan H Surya Bsc Membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim Saat Memimpin Upacara HKN di Halaman Kantor Bupati Asahan, Selasa (17/05/2022) (Fhoto : Ist)

ASAHAN, Infokepri.com – Era pendidikan saat ini sudah bergerak menuju arah kemerdekaan belajar dimana para pembelajaran didesak untuk lebih akrab dengan teknologi seraya mewujudkan kegiatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim dalam pidatonya yang dibacakan Bupati Asahan H. Surya, BSc saat memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Asahan di Halaman Kantor Bupati Asahan, Selasa (17/05/2022).


Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa dahulu pendidikan dan pembelajaran berfokus pada ketercapaian kompetensi, penguasaan materi serta ketuntasan kurikulum, maka di era Merdeka Belajar saat ini arah pembelajaran bergeser kepada pemenuhan kebutuhan siswa demi kemudahan penggapaian cita-cita.

“ Sebagai generasi muda, kita semua memiliki peran yang besar untuk mewujudkan kemerdekaan belajar. Bukan hanya pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan yang perlu kita wujudkan melainkan juga penguasaan kompetensi dan literasi digital,” katanya.

Selanjutnya beliau mengatakan, dalam menyambut momentum Hardiknas tahun ini, kita sebagai anak bangsa perlu meningkatkan kepercayaan diri, keberanian, jiwa nasionalisme serta pantang untuk berpatah arang disegala keadaan.

"Sebagaimana Ki Hajar Dewantara pernah berkata "Percaya, tegas, penuh ilmu hingga matang jiwanya, serta percaya diri, tidak mudah takut, tabah menghadapi rintangan apapun." Tidak ada alasan untuk menyerah dengan keadaan, karena para generasi muda yang hebat ialah mereka yang mampu menghadapi dan melawati rintangan. Bersama kita bisa, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, dengan bersatu Indonesua akan pulin dan dengan bersama-sama kita gapai Merdeka Belajar," tutur beliau.

Setelai usai membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bupati Asahan H. Surya, BSc berharap kepada ASN dan Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan dapat menghayati dan menekuni apa yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut yakni tercapainya Merdeka Belajar.

"Bukan hanya Merdeka Belajar yang harus kita capai, tetapi merdeka bekerja juga harus dapat kita wujudkan," harap Bupati Asahan Kepada ASN dan Pejabat Pemerintah Kabupaten Asahan sekaligus menutup amanatnya.

Pada kegiatan ini Bupati Asahan menyerahkan penali kasih kepada 11 PNS yang Pensiun Tahun 2021 dan Tahun 2022 dan memberikan piagam penghargaan kepada Tanoto Foundation, Bank Sumut Cabang Kisaran, PT Inalum, PTPN III Perkebunan Sei Dadap dan PT Sintong Abadi Atas jasa-jasanya dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Asahan

Upacara ini diikuti juga oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Staf Ahli Bupati Asahan, Para Asisten, OPD, Para Guru, ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Asahan dan para Pelajar. (Ti)


Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel