Wakili Dandim, Kepala Staf Kodim 0318/Natuna Membuka Kegiatan Binsiap Apkowil dan Puanter TA 2022 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
 Wakili Dandim, Kepala Staf Kodim 0318/Natuna Membuka Kegiatan Binsiap Apkowil dan Puanter TA 2022

Wakili Dandim, Kepala Staf Kodim 0318/Natuna Membuka Kegiatan Binsiap Apkowil dan Puanter TA 2022

Wakili Dandim, Kepala Staf Kodim 0318/Natuna Membuka Kegiatan Binsiap Apkowil dan Puanter TA 2022
Kepala Staf Kodim 0318/Natuna Mayor Inf J Aruan memasang tanda peserta latihan Pembinaan Kesiapan dan Kemampuan kewilayahan di Aula Makodim Jalan Batu Sisir Bukit Raya, Sungai Hulu Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna, Rabu (22/6/2022) (Fhoto : Ist)



NATUNA, Infokepri.com
– Komandan Kodim (Dandim)  0318/Natuna diwakili Kepala Staf Kodim 0318/ Natuna Mayor Inf J Aruan membuka kegiatan teritorial dan pembekalan untuk para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0318/ Natuna pada Rabu (22/6/2022) di Aula Makodim Jalan Batu Sisir Bukit Raya, Sungai Hulu Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna.

Kegiatan Binsiap Apkowil dan Puanter ini digelar selama 2 hari dengan mengusung thema " Melaksanakan Pemberdayaan Pertahanan Darat"

Tujuan kegiatan ini digelar agar seluruh Apkowil yang bertugas di Lapangan menguasai pengetahuan yang terkandung dalam materi Binsiap Apwil dan Puanter yang memiliki kesamaan langkah dalam menjalankan tugas Binter tingkat perorangan maupun satuan.

Dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Staf Kodim 0318/Natuna, Dandim 0318 / Natuna mengatakan sistem pertahanan semesta merupakan strategi Ketahanan Negara Indonesia yang didukung oleh Komponen Utama, Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung.


Ia menyebut Komponen Utama yang diperankan oleh TNI khususnya gelar Satuan Komando Wilayah (Satuan Kowil) menyelenggarakan pemberdayaan wilayah sesuai dengan amanat UU RI NO 34 Tahun 2004 Pasal 8 yang menyatakan bahwa Angkatan Darat bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah Pertahanan di darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan Teritorial.

“ Dalam rangka menghadapi Era Globalisasi dan permasalahan yang semakin kompleks, perlu mendapat perhatian dan upaya untuk mengantisipasi tantangan tersebut dalam hal ini TNI AD melaksanakan pembinaan untuk meningkatkan kemampuan para prajurit yang bertugas di jajaran satuan Kowil,” katanya.

Untuk meningkatkan kemampuan aparat kowil maka diselenggarakan kegiatan pembinaan kepada aparat satuan dengan materi sikap Teritorial, 5 Puanter  Metoda Binter, penanggulangan bencana alam dan penanganan terorisme yang berpedoman kepada UU RI NO 3 Tahun 2002 tentang Hanneg UU RI No 34 Tahun 2004 tentang TNI  yang bertujuan untuk memberdayakan wilayah, menyiapkam segala sesuatunya agar dapat menjadikan sebagai pendukung pertahanan negara di darat dan mewujudkan kemanunggalam TNI dan Rakyat

Ia menyebut ada dua hal yang perlu diperhatikan yakni : kuantitas dan kualitas.
Kuantitas yakni terlaksananya kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter di wilayah kodim 0318/Natuna Pada Semester I TA 2022.

Sedangkan kualitas  yakni terpeliharanya dan meningkatnya kemampuan Apkowil sehingga dapat berinteraksi dengan keadaan situasi dan kondisi masyarakat melalui kegiatan bintar di wilayahnya

  1. Terwujudnya mental disiplin dan semangat aparat yang tangguh dan profesional
  2. Terpeliharanya kualitas kepribadian sebagai prajurit pejuang sesuai dengan jiwa Saptamarga, Sumpah Prajurit 8 (delapan) wajib TNI dan 11 (sebelas) azas kepemimpinan TNI
  3. Memahami situasi dan kondisi lingkungan hubungan sosial masyarakat dan permasalan adat istiadat dan budaya yang ada di wilayahnya
  4. Mengenal dengan baik antara pemerintah dan tokoh masyarakat yang ada dalam lingkungan serta berpartisipasi dalam pelaksanaan binter dan,
  5. Terwujudnya prajurit yang mengerti dan dapat menggunakan teknologi informasi dalam mendukung pelaksanaan tugas binter.

Turut hadir dalam kegiatan ini, seluruh Danramil jajaran Kodim 0318 /Natuna, Perwira Staf Kodim 0318/Natuna, para Bintara kodim 0318/Natuna, para Babinsa jajaran sekalian.

Setelah kegiatan serimonial selesai dilanjutkan dengan pembekalan materi Sikap Teritorial, 5 Puanter  metoda binter, penanggulangan bencana alam dan penanganan oleh Kepala Staf Kodim dan Perwira Staf Kodim 0318/Natuna. (R)


Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel