Bupati Natuna Mengukuhkan Duta Generasi Berencana Tingkat Desa/Kelurahan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati Natuna Mengukuhkan Duta Generasi Berencana Tingkat Desa/Kelurahan

Bupati Natuna Wan Siswandi, didampingi Bunda GenRe Natuna Septi Dwiani Siswandi, bersama GenRe Natuna di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso Batu Hitam Ranai, Jumat (18/11/2022) (Fhoto : Ist).

NATUNA, Infokepri.com - Bupati Natuna, Wan Siswandi, S.Sos, M.Si, membuka secara resmi acara Pengukuhan Duta Generasi Berencana (GenRe) Tingkat Desa/Kelurahan Kabupaten Natuna Tahun 2022 dan Talkshow tentang Kita "Cerita tentang Aku dan Kamu sebagai Agen Pelopor Penurunan Stunting".

Kegiatan berlangsung di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso Batu Hitam Ranai, pada Jumat (18/11/2022), dihadiri Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Republik Indonesia Novian Andusti, Bunda GenRe Kabupaten Natuna Septi Dwiani Siswandi, Kepala Dinas P3AP2KB Natuna, Camat dan Lurah/Kepala Desa, Duta GenRe Natuna.

Pengukuhan 21 pasangan Duta GenRe Desa/Kelurahan Kabupaten Natuna diikrarkan langsung oleh Deputi Bidang KSPK BKKBN Republik Indonesia  Nopian Andusti serta Penandatanganan Surat Pengukuhan Duta  diwakili oleh Duta GenRe Kelurahan Batu Hitam. Pengukuhan ditutup dengan sesi foto bersama dan penyelempangan oleh Bupati Natuna Wan Siswandi dan Bunda GenRe Natuna Septi Dwiani Siswandi.

Nopian Andusti dalam sambutannya  menyampaikan, remaja Indonesia ini merupakan generasi EMAS ditahun 2025. Remaja saat ini juga merupakan calon orang tua yang wajib dikawal dengan optimal demi menciptakan generasi berikutnya yang lebih baik yang tidak stunting karena untuk mewujudkan generasi tumbuh adalah dengan keluarga yang terbebas dari stunting. Karena hal-hal inilah Duta GenRe Desa/Kelurahan perlu dibentuk. 

"Program ini juga sejalan dengan aturan yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting Pasal 6 ayat C dimana Desa harus mengalokasikan anggarannya demi penurunan angka stunting," terang Novian.

Saat ini Kepulauan Riau telah mencapai angka stunting 17.6%, capaian yang cukup baik.

Selanjutnya Bupati Natuna dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini sangat diperlukan untuk Natuna karena Keluarga Berencana diperlukan dalam segala aspek kehidupan. 

"Adanya Duta GenRe Desa/Kelurahan merupakan bentuk pengawasan langsung terhadap remaja dilingkungan, terlepas dari pengawasan yang dilakukan di rumah dan sekolah," ujar Siswandi

"Berkaitan dengan stunting, masalah ini muncul dipicu oleh masalah pendidikan, ekonomi dan kesejahteraan. Dan peran yang paling mendasar untuk menangani dan mencegah masalah ini adalah peran kepala desa karena sesungguhnya masalah stunting dimulai dari pribadi hingga menjadi masalah pada skala nasional. Peran pemerintah disini adalah untuk melakukan penanganan dan pencegahan sesuai dengan tupoksinya," imbuhnya. (Nard/R).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel