Terima Kunker Komisi IX DPR RI, Amsakar : Resesi Ekonomi 2023 Akan Jauh dari Batam - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Terima Kunker Komisi IX DPR RI, Amsakar : Resesi Ekonomi 2023 Akan Jauh dari Batam

Terima Kunker Komisi IX DPR RI, Amsakar : Resesi Ekonomi 2023 Akan Jauh dari Batam
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati Memberikan Cendramata kepada Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (17/11/2022) (Fhoto : Ist)


BATAM, Infokepri.com 
- Anggota Komisi IX DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati dan diikuti 12 anggota lainnya bersama BPJS Ketenagakerjaan melakukan kunjungan kerja (kunker) yang diterima Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (17/11/2022).

Dalam pertemuan yang juga dihadiri sejumlah asosiasi tenaga kerja di Batam ini, membahas soal ketenagakerjaan dan ancaman resesi ekonomi pada Tahun 2023.

Anggota Komisi IX DPR RI, Ihsan Yunus, menyampaikan situasi yang bakal dihadapi ke depan. Ia menekankan bagaimana sikap pemangku kepentingan, dalam hal ini Pemko Batam untuk menghadapi resesi 2023.

"Dampaknya pasti akan punya pengaruh signifikan. Pengangguran dan investasi yang tidak memenuhi target. Harus detail bagaimana menghadapi 2023," katanya.

Menanggapi itu, Amsakar menyampaikan, untuk Batam bayangan resesi relatif dapat terkendali. Ia menegaskan bahwa resesi ekonomi 2023 akan jauh dari Batam.

"Ada 4 faktor kenapa saya katakan bahwa resesi ekonomi 2023 akan jauh dari Batam," tegas Amsakar.

Ia menjabarkan bahwa Batam kecenderungan pertumbuhan ekonomi menggeliat. Bahkan pada saat pandemi Covid-19, Batam mampu bangkit dan terbukti ekonomi Batam tumbuh 4,75 persen.

"Batam salah satu daerah yang eksis dan bertahan di situasi pandemi," jelas Amsakar.

Kemudian, saat ini Batam menjalankan tiga kawasan ekonomi khusus (KEK) sesuai ditetapkan pada 2021 silam.

"Bahkan saat ini dalam tahap pengembangan KEK Kesehatan," tambahnya.

Selain itu, untuk tenaga kerja pihaknya terus berkoordinasi dengan investor untuk terus membuka lowongan kerja. Belum lama ini, dibuka 1.880 lowongan dari 32 perusahaan dalam Job Fair Batam 2022.

"Gambaran resesi ekonomi 2023 akan jauh, bahkan soal antara pengangguran atau PHK relatif terkendali, sekitar 500an setiap tahun tapi kesempatan kerja terus dibuka," katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa yang dihadapi persoalan pengangguran yakni derasnya arus migrasi warga tiap tahunnya ke Batam.

"Warga yang datang, merupakan usia pencari kerja yang sebagian besar non skill," katanya.
Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan. (rdk)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel