Antisipasi Banjir, Babinsa Andi Hakim Mengimbau Warga Agar Tidak Sembarangan Buang Sampah - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Antisipasi Banjir, Babinsa Andi Hakim Mengimbau Warga Agar Tidak Sembarangan Buang Sampah

Antisipasi Banjir, Babinsa Andi Hakim Mengimbau Warga Agar Tidak Sembarangan Buang Sampah
Babinsa Desa Selemam, Serda Andi Hakim, saat melakukan komsos dengan warga binaan.di Desa Selemam, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Rabu (21/12/2022) (Fhoto : Bernard Simatupang).

By Bernard Simatupang

NATUNA, Infokepri.com - Guna meningkatkan jalinan silaturahmi dan hubungan yang baik, Babinsa Desa Selemam, Serda Andi Hakim, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan komunikasi sosial dengan warga binaan di Desa Selemam, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Rabu (21/12/2022).

"Kegiatan komunikasi sosial (komsos)  merupakan tugas pokok seorang Babinsa yang harus dilaksanakan sebagai sarana silaturahmi untuk mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga dapat lebih mudah mendapatkan informasi terkini sebagai penunjang tugas pokok kewilayahan sebagaimana diharapkan komando atas dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat," ujar Andi Hakim.

Selain itu, kata Andi Hakim, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan monitoring guna mengetahui perkembangan situasi dan kondisi wilayah binaan serta menggali potensi yang ada untuk dikelola guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Mengingat saat ini Kabupaten Natuna sekitarnya sedang mengalami musim Angin Utara dengan curah hujan tinggi disertai angin kencang, dalam komsos ini, Babinsa Andi Hakim mengimbau seluruh warga agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

Ia juga mengajak warga supaya tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam akibat tingginya curah hujan dan angin kencang seperti yang terjadi pada waktu yang lalu di beberapa wilayah Kabupaten Natuna.

"Dengan menjaga kebersihan lingkungan, selain terhindar dari bahaya banjir, kita juga terhindar dari berbagai bibit penyakit dan bencana alam lainnya yang setiap saat mengancam kehidupan kita," ucap Andi Hakim.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel