Personil Koramil 01/Ranai Gotongroyong Membersihkan Bahu Jalan di Kampung Pancasila - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Personil Koramil 01/Ranai Gotongroyong Membersihkan Bahu Jalan di Kampung Pancasila

 

Personil Koramil 01/Ranai Gotongroyong Membersihkan Bahu Jalan di Kampung Pancasila
Personil Koramil 01/Ranai bersama masyarakat gotong royong di Kampung Pancasila Batu Kapal Laut, Senin (12/12/2022)  (Fhoto : Bernard Simatupang).



NATUNA, Infokepri.com
- Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, dipimpin Serma Rapius, melaksanakan gotong royong bersama warga binaan untuk membersihkan bahu kiri kanan jalan Kampung Pancasila Koramil 01/Ranai, di Batu Kapal Laut, RT 02/RW 07, Kelurahan Ranai Kota, Kecamatan Bunguran Timur, Senin (12/12/2022).

Dikatakan Serma Rapius, gotong royong merupakan suatu kegiatan sosial yang menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia dari jaman dahulu kala hingga saat ini. Rasa kebersamaan ini muncul karena adanya sikap sosial tanpa pamrih dari masing-masing individu untuk meringankan beban yang sedang dipikul.

"Menerapkan budaya gotong royong (goro) dalam kehidupan sehar-hari, merupakan tuntutan dan keharusan, karena nilai-nilai goro yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat, adalah bagian dari budaya daerah yang perlu dilestarikan supaya lebih berhasil dan berdaya guna," ujarnya.

Disamping itu, lanjut Rapius, goro juga untuk memperkuat integritas sosial budaya masyarakat serta memperkokoh kesatuan bangsa dan negara, karena sejarah perjalanan  daerah telah membuktikan bahwa semangat dan nilai kegotongroyongan yang ada sejak dulu kala, telah menjadi modal dasar yang sangat berarti dalam pelaksanaan pembangunan.

"Budaya goro yang digalakkan, tidak hanya sekedar bekerja sama dalam mengerjakan fisik, tapi juga merupakan filosofi  dan semangat kehidupan yang memiliki kekuatan dahsat untuk mewujudkan berbagai hal yang bersifat non fisik menuju masyarakat sejahtera," terangnya.

"Prinsip kekeluargaan dan kegotongroyongan dalam kehidupan bernegara nampak dalam kehidupan sosial, politik, dan ekonomi. Nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan merupakan saripati nilai-nilai Pancasila yang mendasari gotong royong dalam kehidupan bernegara," imbuhnya.

Ini merupakan sikap positif yang harus selalu dijaga dan dilestarikan agar masyarakat Kampung Pancasila Batu Kapal Laut menjadi masyarakat yang kokoh dan kuat disegala hal karena didasari oleh sikap saling bahu membahu antara satu dengan yang lain.

Dengan demikian gotong royong bersama warga adalah salah satu cara untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila secara nyata sekaligus membangun kemanunggalan TNI dalam kebersamaan membangun ideologi Pancasila.

"Melalui gotong royong ini, diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi dan memupuk kekompakan seluruh masyarakat dalam setiap kegiatan yang diadakan sehingga pembentukan Kampung Pancasila yang diharapkan komando atas dapat terlaksana dengan baik," tuturnya. (IK/Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel