Babinsa Erwin Sidabutar Ikut Panen Bersama Program Ketahanan Pangan Desa Sebadai Ulu - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Babinsa Erwin Sidabutar Ikut Panen Bersama Program Ketahanan Pangan Desa Sebadai Ulu

Babinsa Erwin Sidabutar Ikut Panen Bersama Program Ketahanan Pangan Desa Sebadai Ulu

Babinsa Erwin Sidabutar Ikut Panen Bersama Program Ketahanan Pangan Desa Sebadai Ulu
Babinsa Desa Sebadai Ulu, Sertu Erwin Sidabutar saat melakukan panen bersamadi lahan BUM Des Desa Debadai Ulu. Jumat (13/01/2023) (Fhoto : Bernard Simatupang/ Infokepri.com).

By Bernard Simatupang
NATUNA, Infokepri.com
- Babinsa Desa Sebadai Ulu, Sertu Erwin Sidabutar, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, menghadiri kegiatan panen bersama Program Ketahanan Pangan Desa Sebadai Ulu Tahun Anggaran 2022, di lahan BUM Des Desa Debadai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Jumat (13/01/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Afrizal Zein, PLT Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Asmara Juana Suhardi, Sekcam Bunguran Timur Laut Gunawan, Kepala Desa Debadai Ulu Dermawan, Bhabinkamtibmas Desa Sebadai Ulu Briptu Eky Jaya, Pendamping Lokal Desa Ismail J, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Ketua RT, RW Desa Sebadai Ulu.

Babinsa Desa Sebadai Ulu Sertu Erwin Sidabutar mengatakan, kegiatan ini merupakan program pemerintah yang diarahkan untuk percepatan pencapaian pemulihan dan pengembangan usaha ekonomi produktif yang diutamakan dikelola oleh BUM Des sesuai kewenangan desa.

Adapun luas lahan Ketahanan Pangan Desa Sebadai Ulu yang dikelola BUM Des Sebadai Ulu seluas 3 hektare dengan jenis tanaman berupa ubi kayu.

"Dari lahan seluas 3 hektare tersebut diperkirakan akan menghasilkan sebanyak 9 ton ubi kayu, sementara yang sudah di panen sebanyak 5 ton," ujar Erwin Sidabutar.

"Melalui program ketahan pangan desa,  diharapkan dapat menumbuhkan pertanian yang baik sehingga dapat menghasilkan peningkatan produksi pangan yang berkualitas guna memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak, S.E, mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan.

"Hal ini harus terwujud dalam rangka menghadapi ancaman nyata. Memang sukses itu berat akan tetapi sukses itu nikmat, apabila hal ini dapat terwujud oleh Babinsa dalam mengoptimalkan bimbingan teritorial dengan baik di lapangan," terangnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng S.Sos,  mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, dan pengamanan.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Dandim. (Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =


Editor : P Sipayung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel